Monday, June 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedREI Minta Pemerintah Dukung Sektor Properti

REI Minta Pemerintah Dukung Sektor Properti

Housing-Estate.com, Jakarta – Realestat Indonesia (REI), asosiasi  para pengembang properti, meminta pemerintah memberi kemudahan di sektor properti. Kemudahan ini diperlukan karena industri properti dapat memberi kontribusi terhadap perkembangan perekonomian nasional. Industri ini secara langsung terkait dengan ratusan jenis industri bahan bangunan seperti semen, cat, keramik, genteng, baja, sanitari, lighting, elektronik, dan lain-lain.

Bintaro jaya

“Kami kerap bertemu dengan asosiasi industri lainnya, contohnya asosiasi perusahaan elektronik dalam menentukann target penjualan mereka melihat jumlah rumah yang dibangun pengembang,” ujar Hari Raharta Sudradjat, Sekretaris Jenderal REI, kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (18/4).

Hari menyatakan pertumbuhan properti menjadi indikator perkembangan sektor-sektor industri lainnya. Ia mengambil contoh apartemen, untuk pembangunan satu tower apartemen ada beragam produk yang dibutuhkan. Misalnya air conditioned (AC), TV, kulkas, microwave, lampu. Itu belum termasuk perabotan rumah tangga lain seperti meja kursi dan tempat tidur. “Karena itu sektor properti bisa disebut sebagai lokomotif industri karena industri turunannya sangat banyak,” imbuhnya.

Di luar itu sektor properti juga mendukung tumbuhnya industri keuangan dan perbankan. Properti merupakan sektor padat modal yang membutuhkan dukungan pendanaan dari bank seperti kredit konstruksi dan kredit pemilikan rumah (KPR). Selain itu jasa notaris dan arsitek juga ikut tumbuh. “Kaitan yang begitu luas itu dapat dipastikan kalau sektor  properti melemah industri lainnya juga banyak yang tertekan,” terang Hari.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments