Tuesday, April 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedRegulasi  Sektor Perumahan Sudah Lengkap - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Regulasi  Sektor Perumahan Sudah Lengkap – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Menurut Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Maurin Sitorus, disyahkannya UU Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) pada 23 Februari 2016 lalu menjadikan aturan perundang-undangan terkait perumahan di Indonesia menjadi lengkap.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kita telah memiliki UU No.1 Tahun 2011 mengenai perumahan dan kawasan permukiman (PKP) kemudian UU No. 20 Tahun 2011 tentang rumah susun (Rusun) dan UU Tapera. Maurin menyatakan sebagai undang-undang pertama yang disyahkan parlemen di tahun 2016, UU Tapera kemungkinan akan menjadi UU No. 1 Tahun 2016.

“Dengan tiga undang-undang ini aturan mengenai hunian  menjadi lengkap dan UU Tapera ini merupakan amanat yang harus dari UU No. 1 Tahun 2011 karena soal pembiayaan belum diatur di dalam UU PKP. Jadi,  dengan tiga undang-undang itu (sektor) perumahan sudah diakui dan menjadi prioritas,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (10/3).

Pada tahap awal Tapera akan diprioritaskan untuk membantu pembiayaan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Selanjutnya kalau dananya sudah semakin banyak Tapera akan memfasilitasi seluruh kebutuhan masyarakat terkait perumahannya. Menurut Maurin, kebutuhan pembiayaan perumahan di Indonesia sekitar Rp500 triliun per tahun. Sementara kemampuan Tapera dalam menghimpun dana dalam lima tahun mendatang diperkirakan Rp50 triliun dari iurang pekerja sebesar 3 persen dari gajinya.

“Kita harus memperluas cakupan penanganan masalah perumahan karena ke depan akan semakin sulit karena harga lahan terus meningkat. Karena itu untuk menyelesaikan masalah perumahan seluruh stake holder harus bersinergi yang akan didukung dana Tapera,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments