Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedProperti Bandung Mengekor Jabotabek

Properti Bandung Mengekor Jabotabek

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Di setiap kota dengan perkembangan penduduk yang pesat bisa dipastikan perkembangan propertinya juga akan luar biasa. Kawasan Jabodetabek adalah salah satu contoh untuk menyebut perkembangan pasar properti yang sangat aktif, juga kota-kota besar lain di Indonesia seperti Surabaya, Medan, Makassar, Samarinda, dan sebagainya.

Contoh lainnya adalah Bandung sebagai ibukotanya Jawa Barat. Di Kota Kembang ini bahkan perkembangan propertinya sudah seperti di Jakarta, yaitu hanya menawarkan apartemen karena keterbatasan lahan. Menurut Ketua DPD Real Estat Indonesia (REI) Irfan Firmansyah, perkembangan Bandung persis seperti Jakarta untuk penyebaran maupun kenaikan harga lahan.

Ilustrasi: Properti di Bandung

Ilustrasi: Properti di Bandung

“Harga lahan di Bandung di daerah-daerah seperti Ciumbuluit, Sangkuriang, atau Dago sudah mencapai Rp30 juta-Rp50 juta/m2, kenaikan harganya bisa mencapai 30-40 persen per tahun. Kemudian wilayah-wilayah di sekitar Bandung juga berkembang pesat seperti di Cimahi, Subang, Tasikmalaya, Purwakarta, maupun Karawang yang didorong oleh perkembangan sektor industrinya sehingga mendorong juga sektor properti di sana,” ujarnya kepada housing-estate.com, Minggu (4/1).

Bandung juga disebut Irfan masih menjadi pusat nilai maupun pengembangan proyek di wilayah Jawa Barat dengan harga lahan serta kenaikannya yang paling tinggi dibandingkan wilayah lainnya. Untuk itu developer besar berskala nasional, developer lokal, hingga developer kecil skala perorangan menggarap proyek di Bandung dan terus mencari celah sesuai segmennya masing-masing.

“Summarecon, Agung Podomoro, sampai BUMN Wijaya Karya masuk ke Bandung. Tapi ini nggak masalah, karena semua ada segmennya masing-masing, yang besar nggak mungkin menggarap proyek kecil, jadi bisa terbentuk sinergi. Proyek sebesar Jababeka misalnya, itu butuh pengembang kecil juga karena nggak mungkin digarap semua, jadi bisa bersinergi,” tandasnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments