Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPPnBM Berlaku Untuk Properti Rp10 Miliar ke Atas - Housing-Estate.com - Portal...

PPnBM Berlaku Untuk Properti Rp10 Miliar ke Atas – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kalangan pengembang bisa menarik nafas lega. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa ketentuan PPnBM (Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah) akan diberlakukan untuk properti di atas harga Rp10 miliar.

“Jadi supaya tidak ada polemik lagi, saya tegaskan kalau properti mewah itu batasnya Rp10 miliar. Kami akan merevisi peraturan menteri keuangan (PMK) mengenai batas PPnBM ini,” ujar Bambang kepada pers di Jakarta, pekan ini.

Rumah mewah di Jabodetabek

Rumah mewah di Jabodetabek

Beleid ini sempat menjadi isu panas di kalangan pengembang. Beberapa bulan lalu Menteri Keuangan sempat melontarkan wacana PPnBM yang besarnya 20 persen akan diterapkan terhadap properti senilai Rp2 miliar ke atas. Wacana ini mendapat reaksi negatif dari pengembang karena properti seharga Rp2 miliar saat ini tidak tergolong mewah. Setelah itu muncul wacana baru bahwa yang akan dikenakan PPnBM property senilai Rp5 miliar ke atas.

Bambang berharap keputusan pemerintah ini dapat meningkatkan pertumbuhan sektor properti sebagaimana yang diharapkan kalangan pengembang. Patokan pungutan pajak barang mewah ini juga berdasarkan harga jual tidak lagi berdasarkan luasan tanah maupun bangunannya. Selama propertinya seharga Rp10 miliar ke atas akan langsung diterapkan pajak barang mewah sebesar 20 persen.

“Jadi, angka Rp10 miliar ini sudah clear, tidak ada lagi perdebatan yang menyebutkan besarannya Rp5 miliar atau Rp2 miliar. Tentu pemerintah juga berharap ada kenaikan pendapatan dari pajak properti mewah ini,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments