Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPP Properti Kembangkan Strategi Kemitraan - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

PP Properti Kembangkan Strategi Kemitraan – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Lahan menjadi masalah dalam pengembangan proyek properti. Harga lahan sangat tinggi menyulitkan pengembang dalam memasarkan proyeknya. Karena itu kalangan pengembang banyak yang memilih kerjasama dengan pemilik lahan melalui pola profit sharing. Dengan strategi ini investasi bisa ditekan dan harganya lebih rasional.

Gunung Putri Square

Gunung Putri Square

Salah satu yang menerapkan strategi ini adalah PT PP Properti Tbk. Perusahaan pelat merah itu bekerja sama PT Sentul City Tbk mengembangkan apartemen Verdura di Sentul City Bogor. Selain itu PP Properti  mengembangkan apartemen Riverview bersama PT Jababeka Tbk di kawasan industri Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

“Strategi kami bekerja sama dengan pemilik lahan khususnya di lokasi-lokasi strategis karena di sana captive market-nya. Kerja sama ini juga untuk meminimalkan risiko finansial karena dengan joint seperti ini risiko bisnis ditanggung bersama,” ujar Giyoko Surachmat, Direktur Pengembangan Bisnis PP Properti kepada housing-estate.com di sela-sela groundbreaking tower kedua Gunung Putri Square Bogor, akhir pekan lalu.

Menurut Giyoko, PP Properti memiliki stok lahan (land bank) sekitar 60 ha. Itu di luar proyek yang digarap sendiri dan kerja sama dengan pihak lain. Land bank-nya sebagian besar berada di sekitar Jakarta (Jabodetabek) dan beberapa kota di Jawa. Untuk pengembangan lahan-lahan tersebut  dibutuhkan rencana bisnis yang matang dan investasi cukup besar.

Giyoko menyebutkan PP Properti masih akan berkonsentrasi pada pengembangan proyek highrise building khususnya apartemen. Pasar hunian vertikal ini  cukup besar karena para pekerja dan keluarga muda sudah dapat menerima. Mereka mencari apartemen yang lokasinya strategis, dekat fasilitas dan transportasi publik.

“Proyek kami itu 99 persen apartemen, rumah tapak sedikit sekali. Ke depan kami masih akan mengembangkan proyek apartemen untuk kalangan menengah khususnya di Jabodetabek karena pasarnya masih sangat besar,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments