Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPotensi Pasar Gipsum Cukup Besar

Potensi Pasar Gipsum Cukup Besar

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Berbagai material bahan bangunan alternatif saat ini mulai menjadi pilihan utama untuk digunakan di banyak proyek bangunan. Sebut saja rangka baja ringan yang sudah sangat populer digunakan menggantikan material rangka berbahan kayu yang semakin sulit suplainya selain harganya yang semakin mahal.

Papan Gipsum Gyproc

Papan Gipsum Gyproc. Sumber HomeDiarymagazine

Material lainnya yaitu produk gipsum yang sudah sangat umum digunakan untuk plafon rumah menggantikan triplek. Gipsum sendiri sesungguhnya bukan produk baru karena material ini sudah digunakan sejak abad ke-18 khususnya di Eropa kemudian menyebar hingga ke Asia dan saat ini sudah sangat populer penggunaannya di Indonesia.

Kendati begitu, menurut Managing Director PT Saint-Gobain Construction Product Indonesia (SGCPI) Hantarman Budiono, produsen papan gipsum Gyproc, penggunaan secara per kapita produk gipsum di Indonesia sangat rendah hanya di angka 0,4 persen. Bandingkan dengan di negara sekawasan seperti Thailand, Malaysia, ataupun Singapura yang sudah di atas 1 persen.

“Artinya prospek bisnis papan gipsum di Indonesia ini sangat besar dan potensial seiring mulai terbiasanya produk ini digunakan untuk berbagai keperluan bangunan baik residensial maupun komersial. Beberapa tahun belakangan ini bisnis memang sulit, tapi bisnis kami tetap tumbuh makanya kami sangat optimistis karena produk ini penggunaannya juga sudah sangat luas,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, pekan ini.

SGCPI sendiri telah mengoperasikan pabrik papan gipsum di Cikande, Serang, Banten, sejak tahun 2014 lalu dengan kapasitas produksi mencapai 34 juta m2/tahun. Tahun lalu, SGCPI bisa mencatatkan pertumbuhan bisnis mencapai 20 persen dan pada tahun ini diharapkan pertumbuhannya bisa di atas 20 persen.

Melihat pertumbuhan tahun lalu, Hantarman sangat optimistis pertumbuhan di atas 20 persen bisa tercapai. Hal ini mengingat banyaknya proyek infrastrtuktur yang dikembangkan oleh pemerintah selain program pembangunan sejuta rumah per tahun yang juga akan mendorong penggunaan produk ini.

“Untuk jenis produk, gipsum sudah cukup dikenal sehingga banyak digunakan. Kami masih perlu mengedukasi kalau ragam produk ini juga sangat luas, misalnya kami memiliki sistem Dry Wall untuk membuat dinding maupun partisi menggunakan material ini dengan berbagai keunggulan dan dikerjakan lebih cepat. Belum lagi beberapa produk dengan kriteria khusus misalnya yang durabilitas tinggi, anti bakteri, anti air, tahan api, dan sebagainya,” imbuhnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments