Wednesday, April 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPilihan Genteng Dari Aspal Sampai Resin - Halaman 2 dari 5

Pilihan Genteng Dari Aspal Sampai Resin – Halaman 2 dari 5

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Aspal

Ada juga genteng aspal (bitumen) yang makin banyak masuk ke Indonesia, seperti GAF, Bituruv, CTI, dan Onduline. Genteng impor ini juga fleksibel mengakomodasi aneka gaya atap, ringan (10 – 15 kg/m2), tahan air dan cuaca, anti karat dan korosi, mampu menepis panas dan dingin serta meredam suara (karena permukaannya juga dilapisi pasir silika).

GAF terbuat dari aspal dikombinasi bahan lain seperti serat fiber dan batu alam untuk pewarnaan. Ukurannya 30 x 100 cm/ lembar dengan ketebalan 2,5–3 mm. GAF dipasarkan PT GAF Indonesia, Bituruv (28 x 100 cm, tebal 2–3 mm) oleh PT Cerarufindo Primamandiri, produsen genteng keramik lokal Karang Pilang. “Genteng CTI bisa untuk berbagai model atap dengan kemiringan 5–90 derajat. Genteng lain seperti beton dan keramik minimal 28 derajat,” kata Arif Sulistianto, Sales Manager PT Construction Toward Innovation (CTI).

Pemasangan bisa di atas rangka kayu atau baja dibantu alas seperti plywood atau papan fibersemen seperti GRC dengan overlap 15–20 cm. “Multiplek disarankan untuk atap yang ada lengkung-lengkungnya, GRC untuk model atap standar yang flat karena lebih kaku,” jelasnya Harga genteng bitumen saat ini relatif masih mahal dibanding genteng keramik dan beton. GAF menawarkan tipe Royal Sovereign yang terdiri dari lima motif dengan garansi 25 tahun, dan Timberline HD empat motif dengan lifetime guarantee, seharga mulai dari Rp200 ribuan/m2.

Bituruv memiliki motif regular pattern yang polos dan irregular pattern berpola mencakup total 10 motif seharga mulai dari Rp190 ribuan/m2. Sedangkan CTI memasarkan genteng dalam aneka model (hexagonal, irregular shape, klasik, dan splendidly laminated) dengan pilihan warna merah, hijau, biru, coklat, hitam, dan abu-abu. Ukurannya 32 – 34 cm x 100 cm dan tebal 3 mm per lembar. Harganya berikut pemasangan Rp240 ribu/m2 (alas multiplek) dan Rp280 ribu (alas GRC), dengan garansi 20 tahun untuk ketahanan warna dan kerontokan pasir silikanya.

Genteng bitumen lain adalah Onduline yang di Indonesia dipasarkan antara lain oleh PT Batara Surya Semesta (BSS). Salah satu tipenya Bardoline Pro berukuran 40 x 106 cm/lembar dengan ketebalan 3 mm. “Karena mengandung minyak genteng ini bisa dibilang antibocor selain meredam suara,” kata Product Consultant PT BSS Michael Reinaldo. Pemasangan disarankan menggunakan alas GRC supaya rata, kemudian dilapisi cat kedap air (waterproofing). Produk tersedia dalam warna terakota, abu-abu, merah, dan hitam, seharga Rp250 ribuan/m2 sudah termasuk alas GRC tapi belum termasuk pemasangan.

Laman: 1 2 3 4 5

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments