Wednesday, June 12, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPerusahaan Multifinance Lirik Kredit Properti - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Perusahaan Multifinance Lirik Kredit Properti – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Multifinance, lembaga pembiayaan yang fokus memberikan pembiayaan kendaraan bermotor mulai melirik sektor properti. Salah satunya PT Indomobil Finance Indonesia (IFI) yang  memperluas cakupan bisnisnya dengan memberikan fasiltas kredit pemilikan properti (KPP).

Ilustrasi : Perumahan Menengah

Ilustrasi : Perumahan Menengah

Untuk tahap awal IPI memberikan pembiayaan property kepada karyawan Indomobil Group. Untuk itu, IFI bekerja sama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) sebagai BUMN yang fokus melakukan sekuritisasi aset kredit properti.

“Kerja sama dengan SMF ini akan membantu kami untuk mengembangkan kredit pembiayaan properti karena masalah funding cukup krusial bagi bisnis pembiayaan. SMF akan membantu kami untuk menyelaraskan tenor funding dengan tenor lending KPP,” ujar CEO IFI Gunawan, saat acara penandatanganan kerjasama SMF-IFI di Jakarta, Jumat (22/5).

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan, bagi SMF, kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung penyaluran pinjaman KPR di Indonesia khususnya bagi perusahaan multifinance. “Dengan cara seperti ini perusahaan bisa memeroleh pembiayaan jangka menengah-panjang dan meningkatkan kapasitas serta kesinambungan pembiayaan perumahan dan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat. Semoga kerja sama ini bisa diikuti oleh multifinance lainnya,” imbuhnya.

Raharjo juga menyambut baik perusahaan multifinance yang mulai terpikir untuk memberikan pembiayaan perumahan jangka panjang dengan bekerja sama melalui SMF. Masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan alternatif pembiayaan perumahan mendorong juga perusahaan multifinance untuk fokus di pembiayaan KPR selain pembiayaan kendaraan bermotor.

IFI sendiri, jelas Raharjo, bukan multifinance pertama yang memeroleh fasilitas pembiayaan dari SMF. Sebelumnya, SMF telah bekerja sama dengan tiga perusahaan multifinance lain seperti MNC Finance, Finansial Multifinance, dan Ciptadana Multifinance. Terbanyak, SMF menyalurkan pendanaan kepada bank penyalur KPR seperti Bank BTN, Bank BRI, Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank DKI, dan beberapa BPD.

Sampai dengan akhir tahun 2014, SMF telah berhasil menyalurkan pembiayaan kumulatif mencapai lebih dari Rp11 triliun. Dengan Bank BTN SMF telah memfasilitasi sekuritisasi aset KPR-nya mencapai tujuh kali transaksi dengan nilai Rp5,45 triliun. Sementara IFI sebagai bagian dari Indomobil Group hingga saat ini memiliki 213 jaringan operasional yang terdiri dari 80 kantor cabang dan 133 outlet di seluruh Indonesia dan juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 2.000 outlet otomotif di seluruh Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments