Friday, March 1, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPerumahan Perlu Mendapat Alokasi Dana Subsidi BBM

Perumahan Perlu Mendapat Alokasi Dana Subsidi BBM

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kalangan pengembang minta pemerintah mengalokasikan sebagian dana pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk sektor perumahan. Dana ini digunakan untuk memperbanyak subsidi, bukan hanya rumah menengah bawah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tetapi juga segmen sedikit di atasnya.

Toni Prasetantono

Toni Prasetantono

“Kalau yang rada-rada menengah juga mendapat subsidi orang yang bisa memiliki rumah semakin banyak dan kita dapat segera mengurangi backlog (defisit rumah),” ujar Budiarsa Sastrawinata, Managing Director Ciputra Group, dalam acara diskusi interaktif Prospek Bisnis Properti 2015: Peluang dan Tantangan, yang diselenggarakan majalah HousingEstate di Jakarta, Selasa (9/12). Diskusi ini merupakan rangkaian acara anugerah HousingEstate Favourite Residential & KPR Awards 2014 yang diselenggarakan secara rutin oleh majalah HousingEstate setiap akhir tahun.

Hari Raharta Sudrajat, Sekjen Realestat Indonesia (REI), mendukung usulan tersebut karena perumahan merupakan sektor strategis dan merupakan kebutuhan pokok. “Di konstitusi disebutkan papan  merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Jadi, alokasi pengurangan subsidi BBM untuk perumahan wajar saja,” katanya.

Alokasi dana ke sektor perumahan itu seharusnya tidak sulit dilakukan mengingat harga minyak dunia saat ini jatuh cukup tajam menjadi 65 dolar AS per barel.  Jatuhnya harga minyak ini menurut Tony Prasetiantono, Kepala Pusat Studi Ekonomi & Kebijakan Publik (PSEKP) UGM, membuat harga BBM di Indonesia saat ini sudah sesuai dengan harga keekonomian. Pasalnya, dalam penyusunan APBN asumsi harga minyak sebesar 105 dolar AS per barel. “Hitung-hitungan saya dana subsidi BBM sebesar Rp291 triliun di APBN itu utuh, tidak terpakai. Itu enzim yang luar biasa besar untuk dipakai untuk membangun infrastruktur dan lain-lainnya,” kata Tony di tempat yang sama.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments