Sunday, May 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPeritel Singapura Tinggalkan Mal - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No. 1...

Peritel Singapura Tinggalkan Mal – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kendati hampir semua brand internasional  tersedia di Jakarta, orang-orang kaya  Indonesia tetap saja doyan berbelanja ke luar negeri. Singapura masih menjadi destinasi utama shopers Indonesia. Maklum, koleksinya memang kerap berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Tapi belakangan lansekap bisnis ritel di Singapura mulai mengalami perubahan. Jika sebelumnya gerai retail banyak mengisi ruang di mal atau pusat belanja besar, kini mereka lebih memilih pusat belanja yang tidak terlalu besar, tapi jelas pangsa pasarnya.  Mereka memang bukan peritel dengan brand besar internasional, melainkan yang terhitung kecil. Kalaupun besar, biasanya dari merek lokal atau kawasan regional.

spore-tanjungpagar

Menurut riset Colliers, para peritel menyingkir ke lokasi alternatif, seperti kompleks ruko, ruang komersial di lingkungan perumahan HDB (Housing Development Board) atau gedung komersial. Bahkan tidak sedikit yang mengoperasikannya dari daerah pinggiran yang jauh dari keramaian kota. Relokasi ini tujuannya untuk mendekati pasar yang dibidik. Sementara yang mengoperasikan dari jauh, para peritel yang menarik pembeli dengan  menggunakan media sosial dan internet.

“Banyak dari lokasi-lokasi bak emas terpendam ini yang tidak berada di jalan yang lalu lintas pedestriannya ramai. Tapi mereka punya keunikan, misalnya menampilkan nuansa etnik atau suasana santai,” papar phak Coliers.

spore-kampongglam
spore-jalanriang gmp

Selain menarik, tentunya karena ruang di sini bertarif lebih murah daripada tarif sewa mal. Beberapa kawasan yang kini sudah tumbuh antara lain Tanjong Pagar, Kampong Glam, Jalan Riang dan Joo Chiat. Di sini sudah dipenuhi aneka restoran dan kafe, serta toko-toko unik lain.

 

(Sumber: Singapore Business Review)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments