Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPenjualan Rumah 2014 Turun Tipis

Penjualan Rumah 2014 Turun Tipis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Harga dan volume penjualan rumah baru (residensial) yang ditawarkan pengembang, pada kuartal IV 2014 naik tipis 1,54 persen dari kuartal sebelumnya. Tapi secara umum penjualan rumah tahun 2014 mengalami penurunan 6,29 persen.

Metland Cileungsi

Perumahan Kelas Menengah

Data ini didasarkan survei Bank Indonesia (BI) yang diterima housing-estate.com, di Jakarta, Selasa (18/3). Berdasarkan tipe rumah, kenaikan harga paling tinggi terjadi pada rumah tipe besar, yaitu 1,68 persen. Sedangkan berdasarkan lokasi, Balikpapan merupakan daerah dengan kenaikan harga tertinggi mencapai 4,49 persen khususnya untuk rumah tipe menengah.

Kendati penjualan tahun lalu mengalami pelambatan tetapi ada tren positif pada akhir kuartal 2014.  Menurut data tersebut, dibanding triwulan tiga yang tumbuh sebesar 33,69 persen,  triwulan IV  tumbuh sebesar 40,07 persen, atau meningkat 6,38 persen. Kenaikan tersebut sebagian besar kontribusi dari penjualan rumah tipe kecil yang memang dibutuhkan masyarakat untuk dihuni atau rumah pertama. Untuk sumber pembiayaannya, penyaluran KPR dan KPA naik tipis 1,68 persen.

Survei BI itu juga menyebut tekanan kenaikan harga masih akan berlanjut pada kuartal pertama tahun 2015. Namun tekanan tersebut tidak sekuat sebelumnya karena beberapa faktor. Yaitu kenaikan harga bahan bangunan (29,44 persen), bahan bakar minyak (24,75 persen), dan upah pekerja (21,71 persen).

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments