Monday, June 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPenjualan Pre Sales Diizinkan Dengan Sejumlah Syarat - Housing-Estate.com - Portal Berita...

Penjualan Pre Sales Diizinkan Dengan Sejumlah Syarat – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta РSelain menegaskan kembali soal hunian berimbang 1:2:3, PP No. 14/2016 yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Mei 2016 juga mengatur soal pemasaran pre sales. Dalam ketentuan tersebut pengembang boleh melakukan pre sales dengan sejumlah syarat. Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), Selasa (14/6), persyaratan tersebut adalah  status pemilikan tanah pasti,  ada izin mendirikan bangunan (IMB) induk, tersedianya prasarana, sarana, dan utilitas (PSU), dan rumah yang sudah terbangun minimal 20 persen.

Ilustrasi

Ilustrasi

Selain itu pengembang tidak boleh melakukan serah terima dan/atau menarik dana lebih dari 80 persen dari konsumen sebelum memenuhi persyaratan yang tadi disebutkan (pasal 22 ayat 5). PP ini juga kembali menegaskan kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kemudahan itu antara lain berupa subsidi,, stimulan rumah swadaya, insentif perpajakan, perizinan, asuransi penjaminan, penyediaan tanah, sertifikasi tanah, dan PSU.

Bantuan tersebut diberikan berupa dana, bahan bangunan, dan PSU. Pemenuhan hunian bagi MBR ini sifatnya wajib diberikan oleh pemerintah dan pemerintah daerah melalui kemudahan pembangunan dan program perumahan secara bertahap dan berkelanjutan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments