Saturday, June 22, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPemkot Bandung Siapkan 5.200 Unit Apartemen Untuk Warga Miskin - Housing-Estate.com -...

Pemkot Bandung Siapkan 5.200 Unit Apartemen Untuk Warga Miskin – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menyediakan apartemen untuk hunian warga miskinnya. Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil, Pemkot akan membangun apartemen di 13 lokasi dengan masing-masing sekitar 400 unit sehingga akan ada 5.200 unit apartemen untuk warga miskin Bandung.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil

Walikota Bandung, Ridwan Kamil

“Penghuninya nanti golongan masyarakat bawah yang akan kita seleksi berdasarkan pendapatan bulanan supaya tepat sasaran. Nanti yang mendata kelurahan siapa warga yang berhak. Jangan sampai orang mampu ngaku-ngaku miskin atau ngaku penghasilannya kecil supaya bisa tinggal di sini,” ujar Emil kepada pers di Jakarta, Selasa (17/5).

Pembangunan apartemen ini akan menggunakan dana dari pihak swasta, tidak dari anggaran Pemkot Bandung.  Kebutuhan dana untuk membangun 5 ribuan unit apartemen itu diperkirakan sekitar Rp5 triliun.  Seluruhnya dibiayai swasta dengan model sosial bisnis sehingga tidak dikomersialkan seperti bisnis properti biasa.

“Jadi ini tetap bayar tapi disesuaikan dengan kemampuan. Misalnya dia tukang becak, bisa cicil Rp500 ribu sebulan, ya dibuat skema yang sesuai dengan kemampuannya. Jadi nanti pendataannya harus kuat supaya ada keadilan antara masyarakat kelas bawah, menengah, maupun atas semua punya akses untuk mencicil huniannya. Beberapa pihak swasta sudah menyatakan kesiapannya dan rencananya akan diluncurkan bulan depan,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments