Wednesday, June 12, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPemerintah Jamin Pembiayaan Sejuta Rumah

Pemerintah Jamin Pembiayaan Sejuta Rumah

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk kesekian kalinya pemerintah menegaskan akan menjamin pembiayaan untuk pembangunan program sejuta rumah yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain dari APBN pendanaannya didukung dari sumber-sumber pembiayaan lain. Karena itu pengembang diharapkan segera melaksanakan pembangunan agar suplai rumah murah yang dapat diakses masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) semakin banyak.

Mardiasmo

Mardiasmo

“Untuk pembiayaan sejuta rumah ini akan kita gunakan dana dari BPJS Ketenagakerjaan, Bapertarum, Taspen, dan lainnya. Jadi, istilahnya keroyokan sehingga pemerintah memiliki leverage yang bagus dan yang diuntungkan masyarakat,” ujar Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (29/5).

Mardiasmo menyebutkan,  program sejuta rumah tidak bisa hanya mengandalkan dari APBN yang alokasinya terbatas. Ia belum bisa menyebutkan jumlah dana dari lembaga-lembaga pemerintah itu yang bisa digunakan untuk mendukung pembangunan rumah rakyat. Saat ini Departemen Keuangan tengah melakukan kajian dan exercise untuk akumulasi dana yang bisa digunakan di luar APBN.

Menurut Mardiasmo, seluruh tahapan exercise soal dukungan pendanaan itu akan dipercepat dan dilaporkan ke Kantor Wakil Presiden sebagai pencetus program sejuta rumah. Percepatan program ini diperlukan karena ada instruksi dari Presiden Jokowi agar bulan Juni ini sudah ada peningkatan penyerapan program sejuta rumah.

“Exercise-nya kita berikan ke Kantor Wapres, nanti decision-nya di Wapres Jusuf Kalla (JK). Dana FLPP juga sudah ditambah waktu APBN Perubahan, nanti bisa saja ditambah lagi tapi harus untuk anggaran tahun depan karena APBNP hanya bisa sekali dalam setahun,” imbuhnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments