Saturday, September 23, 2023
Google search engine
HomeUncategorizedPemerintah Bangun Trans Papua 4.800 Km - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Pemerintah Bangun Trans Papua 4.800 Km – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah memberi perhatian khusus terhadap pembangunan infrastruktur di Papua. Wilayah yang sangat luas ini pembangunannya tidak dapat dipacu karena kendala konektifitas jalan antarkawasan. Sejumlah kawasan hanya dapat dijangkau dengan pesawat perintis yang ongkosnya mahal dan membuat harga kebutuhan pokok dan komoditas menjadi tinggi. Sebagai gambaran tarif angkutan udara untuk pengiriman barang mencapai Rp10 – 15 ribu/kg. Satu sak semen seberat 50 kg harganya lebih dari Rp1 juta.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Konektivitas jalan di Papua sangat penting untuk menghubungkan antar daerah khususnya di wilayah pegunungan. Hingga tahun 2018 kami menargetkan membangun 4.800 km jalan Trans Papua.  Jalan ini akan mengurangi tingkat kemahalan harga kebutuhan pokok dan komoditas di Papua,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (6/1).

Basuki menjelaskan, tahun 2016  Kemenpupera akan memfokuskan pada pembangun jalan tembus dari Wamena dan Puncak Ilaga hingga ke Nabire. Koridor baru ini melalui jalur selatan-utara yaitu Mumugu-Kenyam-Habema. Jalur selatan-utara sepanjang 178 km ditargetkan tersambung tahun ini. Pembangunan jalan ini juga akan dibantu TNI.

“Dari 4.800 km yang akan dibangun, sepanjang 700 km merupakan jalan yang belum tertembus dan kondisinya sebagian besar hutan,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments