Sunday, July 14, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPembangunan Apartemen Bergeser Dari Jakarta - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Pembangunan Apartemen Bergeser Dari Jakarta – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Jakarta tidak lagi menjadi pusat pengembangan properti. Harga tanah yang kian mahal dan infrastruktur yang semakin baik di sekitar Ibukota membuat pembangunan properti bergeser ke kawasan pinggiran. Kalau dulu  sekitar 80 persen pembangunan apartemen terkonsentrasi di Jakarta, kini mayoritas sudah beralih ke daerah penyangga.

Aparteen The Oasis Cikarang

Aparteen The Oasis Cikarang

“Saat ini sebanyak 57 persen apartemen telah bergeser dari Jakarta dan menyebar di kawasan penyangga. Di luar Jakarta ada tiga kawasan yang paling atraktif pasar apartemennya, yaitu Bekasi, Depok, dan Tangerang,” ujar Afief Rahardjo, Head of Research & Advisory Cushman & Wakefild, saat menyampaikan kondisi pasar properti kuartal ketiga 2015 di Jakarta, Kamis (15/10).

Arief menyatakan, pasar apartemen akan menemukan momentum semakin bagus karena kebutuhan hunian yang tinggi khususnya untuk kalangan muda. Mereka semakin sulit menjangkau rumah tapak karena harganya terus melejit. Selain itu cukup banyak apartemen dibangun di kawasan kota baru dan pusat-pusat pertumbuhan baru di Bodetabek. Lokasinya juga dekat dengan jalur transportasi, seperti jalan tol, kereta api, dan mass rapid transit (MRT).

“Aksesibiltas kawasan Jabodetabek yang semakin baik akan mengubah pasar apartemen di masa yang akan datang. Ini karena Jabodetabek merupakan kota metropolitan terluas setelah Tokyo dan Yokohama.  Penduduk Jabodetabek mencapai 33 juta orang, 32 persen tinggal di Jakarta.  Sekitar 2,3 juta merupakan komuter dimana 50 persennya tinggal di Bekasi, Depok, dan Tangerang Selatan,” imbuhnya.

Karena itu kendati pasar apartemen mengalami pelemahan namun penyerapannya masih cukup baik. Kondisi  pasar properti tahun 2015 bukan negative, hanya tren kenaikannya yang turun.  Menurut Arief, hingga tahun ini ada pasokan apartemen sebanyak 155.242 unit dengan  serapan 97,5 persen.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments