Sunday, May 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPemanfaatan Lahan Pemda Terkendala Aturan - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Pemanfaatan Lahan Pemda Terkendala Aturan – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Usulan sejumlah kalangan memanfaatkan lahan milik pemerintah daerah untuk perumahan rakyat merupakan jalan keluar terbaik di tengah sulitnya mendapatkan tanah dengan harga wajar. Tetapi hal itu  tidak mudah dilakukan karena aturan-aturan yang harus diikuti.

ilustrasi

ilustrasi

“Lahan milik pemda yang sudah tercatat itu jadi aset daerah sehingga kalau mau digunakan untuk perumahan rakyat harus dikeluarkan dulu dari aset daerah. Misalnya dijadikan aset BUMD, kemudian BUMD ini yang bekerja sama dengan pengembang untuk dibangun perumahan. Kalau aset daerah langsung dibangun urusannya bisa pidana,” ujar Agung Mulyana, Direktur Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kepada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (29/1).

Selain itu untuk melakukan pemisahan aset juga butuh proses yang tidak sebentar. Untuk itu perlu dilakukan sinkronisasi semua peraturan yang berlaku. Ini diperlukan karena menurut undang-undang yang berlaku urusan perumahan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Hal ini sekaligus untuk mendukung program pemerintahan Joko-JK yang akan membangun sejuta rumah pada tahun 2015.

“Perumahan itu kan intinya ada tanah, regulasi, dan dukungan pembiayaan. Tentu kita akan mendukung sepenuhnya dari sisi aturan, tapi juga harus cantik supaya daerah tidak merasa wewenangnya dipreteli, jadi program ini bisa sama-sama kita jalankan,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments