Tuesday, June 18, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPekerja Minta Tapera Dapat Diambil Setelah 10 Tahun - Housing-Estate.com - Portal...

Pekerja Minta Tapera Dapat Diambil Setelah 10 Tahun – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengusulkan agar karyawan yang mengiur Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) bisa mengambil dananya setelah 10 tahun. Dengan periodesasi ini dana Tapera itu dapat digabungkan dengan Jaminan Hari Tua (JHT) yang dapat diambil setelah 10 tahun.

buruh pabrik pulang kerja pekerja informal

“JHT kalangan pekerja itu kecil sekitar Rp10 juta, kalau digabung dengan dana Tapera akan menjadi lebih besar dan dapat dipakai untuk membeli rumah,” ujar Iqbal belum lama ini di Jakarta.

Iqbal mengusulkan manfaat Tapera diberikan sepenuhnya kepada pekerja yang menerima upah minimum. Apabila manfaatnya juga dinikmati pekerja di atas upah minimum hal itu dinilai sebagai akal-akalan DPR dan pengembang agar bisa menjual rumah dengan menggunakan undang-undang. Dua hal itu merupakan syarat yang diminta kalangan pekerja apabila pihaknya diminta mendukung Tapera.

Sesuai UU Tapera setiap pekerja harus mengiur sebesar 3 persen dari gajinya untuk Tapera. Iuran sebesar itu 2,5 persen dibayar pekerja dan 0,5 persen kontribusi pemberi kerja atau perusahaan. Komposisi ini dinilai tidak adil oleh pekerja, seharusnya komposisinya 50:50. “Kalau iurannya terlalu besar sebaiknya persentasenya diturunkan, kekurangannya disubsidi pemerintah melalui APBN,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Iqbal mengusulkan adanya pengawas kredibel yang mengontrol Tapera. Lembaga ini akan mengumpulkan dana dalam jumlah sangat besar dari keperja. Ia menghitung dengan jumlah pekerja formal sebanyak 44,4 juta dan upah minimum rata-rata Rp2 juta per bulan, dana yang dihimpun Tapera sebesar Rp2,7 triliun per bulan.  “Ini dana sangat besar dan siapa yang akan mengawasi? Dengan dana sebesar itu pembangunan sejuta rumah menjadi mudah,” katanya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments