Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPasar Properti Kaltim Bakal Tumbuh Moderat

Pasar Properti Kaltim Bakal Tumbuh Moderat

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Pasar properti di Kalimantan Timur (Kaltim) pada 2015 diprediksi tumbuh moderat 10 – 15 persen. Selain menjadi kebutuhan primer masyarakat, pemerintahan Jokowi juga memberikan sinyal positif dan dukungan ke sector perumahan. Demikian dikatakan Ketua DPD Realestat Indonesia (REI) Kaltim, Arief Rahman Hasyim, di Samarinda, kemarin.

Perumahan di Samarinda

Perumahan di Samarinda

Peningkatan permintaan yang paling besar hunian segmen menengah ke bawah. Segmen menengah ke atas juga tumbuh tapi kecil sebagai dampak dari pemberlakuan loan to value (LTV) oleh Bank Indonesia.  “Apalagi saat ini backlog perumahan yang mesti ditanggung pemerintah ada sekitar 15 juta unit, dan hal ini akan terus bertambah,” terang Arief.

Pertumbuhan property, imbuhnya, akan berbanding lurus dengan pertambahan jumlah penduduk. Kendati demikian pengembang harus  kreatif dalam memasarkan produknya karena persaingan di pasar cukup ketat.

Arief optimis dengan dukungan pemerintah  yang positif kepada pengembang dan investor pertumbuhan properti tahun ini akan lebih tinggi dari 2014. “Pebisnis punya kepercayaan terhadap kinerja dan integritas pemerintah pusat serta daerah dalam menstimulasi aktivitas pertumbuhan properti,” terangnya.

Tahun lalu pasar properti Kaltim merosot karena faktor makro. Misalnya pengaruh perekonomian global, pelemahan nilai tukar rupiah, termasuk harga properti di Kaltim yang semakin tinggi. “Selain itu, 2014 merupakan tahun politik yang juga memengaruhi pertumbuhan pasar properti nasional,” imbuhnya.

Ia berharap dengan turunnya harga BBM dan pembangunan proyek-proyek infrastruktur akan langsung berdampak positif pada sektor residensial. “Kami harap tahun ini menjadi tahun emas, begitu pula setelahnya,” tegasnya.

Sumber: Kaltim Post Online

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments