Sunday, July 14, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPapan Gipsum Sesuai Kebutuhan - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No. 1...

Papan Gipsum Sesuai Kebutuhan – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – PT Petrojaya Boral Plasterboard, produsen gipsum Boral Jayaboard di Indonesia, merilis papan gipsum baru saat peresmian Rumah Jayaboard di kawasan Foresta Business Loft 1, Jl BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang-Banten, pertengahan Januari 2016. Yaitu, Sounds Stop dan Heat Stop yang dirilis awal tahun ini, serta Mold Stop yang diluncurkan lebih dulu. Produk bisa dipakai sebagai partisi (dinding) dan plafon.

papan gipsum

Di Rumah Jayaboard dipamerkan contoh aplikasi menurut ruang, termasuk perbandingan dengan bata ringan dan bata merah. Sebagai partisi, pemasangan biasanya dua lapis dengan rangka di bagian tengah sebagai pengikat. Konsumen bisa berkonsultasi gratis soal produk, desain, dan pemasangan. Yang jelas partisi gipsum jauh lebih ringan sehingga biaya struktur lebih murah namun tetap kuat dan lebih efisien. “Kalau bata merah sekitar 250 kg per meter persegi (bidang dinding), bata ringan 80 kg, gipsum hanya 29 kg,” kata Raden Krisma Hadianto, Strategy & Product Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard. Produk standar berukuran 1,2 x 2,4 m2 dengan tebal 9–16 mm per lembar dijual Rp150–300 ribu/lembar.

Heat Stop

Produk diklaim berdaya hantar panas kecil karena dilapisi aluminium foil yang mampu memantulkan panas matahari, sehingga bisa membantu menurunkan suhu di ruangan. “Papan gipsum akan memantulkan 80–90 persen sinar matahari sehingga panasnya tidak terserap ke dalam ruangan,” kata Krisma. Sebaliknya papan mengunci udara dingin bekas AC di ruangan lebih lama. Jadi tidak perlu memakai AC berkapasitas besar, kecil saja ruangan sudah sejuk, sehingga menghemat listrik. Pemasangan dengan meletakkan permukaan yang dilapisi alumunium foil di bagian dalam. Harganya mulai dari Rp150 ribu/lembar. Bisa dipakai untuk dinding yang terpapar sinar matahari.

Sounds Stop

Papan gipsum untuk dinding pemisah kamar tidur, ruang studio, home theater, dan sejenisnya, yang butuh ketenangan dan kedap suara. “Pakai dua lapis Sounds Stop, suara dari luar sudah bias dengan tingkat STC (sound transmission class) 50–56. Kalau tingkat STC di bawah 50, artinya kita di ruangan harus fokus mendengarkan percakapan (karena terganggu suara dari luar),” kata Krisma. Produk dengan ketebalan 12 mm ini dijual Rp200 ribu/lembar.

Mold Stop

Papan memiliki kandungan wax anti jamur yang dikembangkan khusus untuk area dengan kelembaban tinggi, sehingga tidak berjamur dan melendut (lendut di bawah 2 mm). Cocok untuk partisi atau plafon kamar mandi, area sekitar kolam renang, dan dapur “Untuk kamar mandi atau dapur dekat area wastafel, sebaiknya setelah dipasang, dilapisi keramik supaya nggak kena air langsung, karena gipsum memang tidak boleh kena air terus menerus,” ujar Krisma. Harga mulai dari Rp160 ribu/lembar.

Di luar itu masih banyak varian produk dengan peruntukan serupa, seperti Jayabell yang dilapisi tisu akustik untuk menyerap suara dan mengurangi gaung, Wet-Area yang mengandung silikon untuk area basah, Fiberock Aqua-Tough tanpa lapisan kertas yang tahan air dan jamur, juga benturan, rayap, dan api, untuk area yang memiliki risiko benturan tinggi seperti koridor, dinding pembatas kamar/unit hotel dan apartemen, dan sejenisnya, selain area basah, serta Firestop yang tahan api untuk ruang khusus seperti perpustakaan dan lain-lain. Konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan. Selain di Rumah Jayaboard, produk bisa diperoleh di agen dan toko-toko bahan bangunan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments