Monday, May 27, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedOrang Asing di Indonesia Wajib Ikut Tapera - Housing-Estate.com - Portal Berita...

Orang Asing di Indonesia Wajib Ikut Tapera – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) saat ini tengah menunggu aturan teknis yang akan tertuang di Peraturan Pemerintah (PP) yang ditargetkan bisa terbit maksimal 2 tahun setelah UU Tapera berlaku pada Februari 2016 lalu. Seluruh pekerja wajib menjadi peserta Tapera yang artinya wajib mengiur setiap bulan dari gajinya yang diperkirakan mencapai 3 persen.

Ilustrasi

Ilustrasi

Bukan hanya pekerja lokal, orang asing yang memiliki visa kerja minimal 6 bulan di Indonesia pun wajib menjadi peserta Tapera dan ikut mengiur. Menurut Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Maurin Sitorus, walaupun orang asing tidak akan menikmati tabungannya untuk membeli rumah tapi dia tetap wajib mengiur karena statusnya yang sebagai pekerja.

“Toh dia kerja di sini apa salahnya gajinya ikut dipotong untuk iuran Tapera. Dia juga tidak rugi karena potongan ini menjadi tabungan dan bisa diambil kalau nanti dia pulang ke negaranya plus dengan imbal hasil pemupukan dananya yang ada di Tapera,” ujarnya kepada housing-estate.com saat sosialisasi UU Tapera untuk kalangan media di Jakarta, pekan ini.

Aturan ini pada prinsipnya mengadopsi dari aturan yang sudah diterapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang juga memotong gaji para pekerja asing untuk jaminan sosial selama mereka bekerja di sini. Tapi untuk perumahan ini sekali lagi mereka hanya ikut mengiur tapi tidak bisa menerima manfaat Taperanya.

“Mereka wajib menjadi peserta Tapera karena mencari nafkah di sini tapi mereka tidak berhak mendapatkan bantuan perumahan. Tahap awal dana Tapera sendiri akan digunakan untuk pembiayaan perumahan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), jadi yang sudah memiliki rumah juga belum bisa menggunakan manfaat Tapera ini tapi hanya sebagai tabungan plus investasinya,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments