Sunday, June 23, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedMenteri PUPR: Tol Becakayu Segera Diresmikan

Menteri PUPR: Tol Becakayu Segera Diresmikan

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimulyono memastikan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) segera diresmikan pengoperasiannya. Hal ini dikemukakannya saat meninjau langsung progres pembangunan jalan tol itu akhir pekan lalu.

Tol Becakayu | dok. menara62.com

Tol Becakayu | dok. menara62.com

“Jalan tol ini segera beroperasi walaupun belum semuanya. Beroperasi penuh ditargetkan tahun 2021,” katanya seperti dikutip dari laman resmi Kemenpupera, Selasa (24/10). Tol Becakayu dibagi dalam seksi 1 Kampung Melayu (Jl Casablanca)–Cipinang Melayu (Jl DI Panjaitan/tol dalam kota Jakarta)-Jakasampurna (Bekasi) sepanjang 11 km, dan seksi 2 Jakasampurna–Duren Jaya (Jl Ganda Agung) sepanjang 10 km bertemu dengan tol JORR Taman Mini–Cikunir–Cakung. Sebagian besar dalam bentuk layang (elevated).

Yang pertama dikerjakan seksi 1 yang dibagi dalam tiga fase: 1A Casablanca-Cipinang Melayu, 1B Cipinang Melayu-Pangkalan Jati, dan 1C Pangkalan Jati-Jakasampurna. Pembangunan seksi 1B dan 1C sepanjang Jalan Kali Malang rampung Oktober ini. Saat ini jalan dalam proses uji kelaikan oleh Kementerian Perhubungan dengan perkiraan akhir November atau Desember tahun ini jalan tol yang membentang sejajar tol Jakarta-Bekasi-Cikampek itu sudah bisa dibuka setelah Menteri PUPR menetapkan tarifnya. Sedangkan seksi 1A yang berada di jalur padat penduduk termasuk Pasar Gombrong lebih lama pembangunannya karena pembebasan lahannya alot. Baru Maret 2018 konstruksinya diperkirakan bisa diselesaikan. Setelah itu menyusul seksi 2 Jakasampurna–Duren Jaya (Jl Ganda Agung).

Basuki menyebutkan, pihaknya juga akan menyelenggarakan festival jalan tol sebagai bagian dari sosialisasi penggunaan jalan tol Becakayu. Tol Becakayu (bersama jalan tol layang Jakarta-Bekasi-Cikampek yang saat ini mulai dibangun dan kereta komuter Cikarang-Jakarta), diharapkan memperlancar akses dari Jakarta ke Bekasi dan sebaliknya yang saat ini makin macet baik melalui jalan biasa maupun tol Jakarta-Cikampek. Tol Becakayu dibangun dua jalur dengan tiap jalur berisi tiga lajur dengan kapasitas bisa menampung 60 ribu kendaraan per jalur per hari.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpupera Endra S Atmawidjaja menambahkan, jalan tol Becakayu akan menambah kapasitas jalan dan alternatif pengguna jalan. “Warga Bekasi yang menuju Jakarta akan paling diuntungkan karena waktu tempuh perjalanannya menjadi lebih singkat. Arus lalu lintas juga terpecah tidak menumpuk di tol Cikampek. Jalan tol ini juga terkoneksi dengan tol Wiyoto Wiyono (dalam kota Jakarta) dan tol lingkar luar Jakarta (JORR),” tuturnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments