Thursday, September 21, 2023
Google search engine
HomeUncategorizedMenerangi Taman di Malam Hari - Halaman 2 dari 2 - Housing-Estate.com...

Menerangi Taman di Malam Hari – Halaman 2 dari 2 – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Memilih Lampu Outdoor

lampu-outdoor

Pencahayaan pada taman termasuk dalam landscape lighting karena yang diterangi pepohonan dan tanaman (greeneries). Jenis lampu yang digunakan untuk area luar (outdoor) seperti taman harus dipilih yang tahan terhadap cuaca.

Secara umum Benno menyarankan memerhatikan beberapa hal saat memilih lampu. Di antaranya indeks proteksi, yakni nilai yang menunjukkan perlindungan lampu terhadap air dan debu. Kemudian, pilih tingkat terang dan intensitas cahaya yang diperlukan sesuai obyek yang akan diterangi.

Lifetime atau umur lampu juga perlu diperhitungkan. Jenis lampu pijar akan lebih cepat putus dibanding lampu neon. Cermati juga konsumsi watt, pilih yang lebih rendah agar hemat energi. Kemudian color rendering indeks yang berpengaruh pada pantulan warna objek yang dihasilkan. Makin tinggi nilainya, warna yang dipantulkan makin bagus. Artinya, lampu harus mampu mengeluarkan warna asli tanaman yang diterangi. Misalnya, memakai lampu neon dengan cahaya putih akan mengeluarkan warna hijau daun.

Terakhir, color temperature yang ditentukan nilainya dalam derajat Kelvin. Digunakan untuk menentukan warna dari sumber cahaya atau lampu. Disebut juga spektrum warna. Misalnya, neon putih kebiruan sedangkan lampu pijar putih kekuningan. Temperatur paling rendah berwarna merah, sedangkan paling tinggi berwarna biru. Warna cahaya akan memengaruhi warna obyek yang diterangi.

Jenis lampu yang digunakan untuk area luar seperti taman biasanya dilengkapi dengan rumah lampu dan reflektor seperti jenis lampu PAR. PAR atau parabolic aluminize reflector adalah sejenis lampu yang memiliki reflektor internal dan lensa di bagian depan sehingga sinar menyebar lebih terarah.

Laman: 1 2

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments