Sunday, July 14, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedLRT Jakarta Dibangun Bertepatan Dengan HUT DKI

LRT Jakarta Dibangun Bertepatan Dengan HUT DKI

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan proyek kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta akan segera dimulai. Peletakan batu pertama (groundbreaking) rencananya akan dilangsungkan bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Jakarta pada 22 Juni 2016. Fase 1 dari Kelapa Gading-Velodrome ditargetkan beroperasi sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Ilustrasi

Ilustrasi

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati, Pemprov DKI sudah menyetor penyertaan modal pemerintah (PMP) kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang akan membangun proyek ini. “PMP yang disetorkan nilainya mencapai Rp4,4 triliun sejak tahun 2015 lalu. Investasi fase 1 sekitar Rp4,5 – 5 triliun, kekurangannya nanti ditutup oleh Jakpro dengan menggandeng pihak lain,” ujarnya di Balaikota, Selasa (7/6).

Untuk membangun proyek ini Jakpro akan bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan yaitu Korea Rail Network Authority (KRNA). Assessment technical sudah dilakukan ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke sana. Menurut Direktur Utama Jakpro Satya Heragandhi, KRNA digandeng karena sudah punya pengalaman membangun LRT untuk persiapan World Cup di negaranya.

KRNA sudah melakukan soil test untuk pengecekan kondisi lahan. Ini untuk mempercepat proses pembangunan karena waktu  yang diberikan hanya dua tahun. KRNA sudah menyatakan kesanggupannya untuk merampungkan proyek ini sesuai waktu yang ditetapkan. Satya mengatakan pihaknya tidak menghadapi masalah lahan yang kerap menjadi kendala karena yang digunakan jalur hijau. Sementara  untuk depo dan stasiun menggunakan lahan milik Pemprov DKI. “Kami optimistis bisa cepat karena tidak ada kendala lahan, ada pembebasan sedikit khususnya di bagian tikungan tapi itu juga bukan masalah,” imbuhnya.

Fase 1 dibangun sepanjang 6 km dengan empat stasiun dan satu depo. Nantinya jalur ini akan menghubungkan venue Asian Games dengan kampung atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, yang saat ini juga tengah dikebut pembangunannya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments