Monday, February 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedLampu Kuning Industri Perhotelan

Lampu Kuning Industri Perhotelan

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Maraknya bisnis pariwisata mendorong juga pembangunan hotel yang jor-joran belakangan ini. Kondisi ini membuat sektor perhotelan memasuki segmen perang harga khususnya untuk kelas hotel murah (budget). Saat ini hampir semua brand pengelola hotel menggarap segmen hotel budget.

Rendahnya tingkat hunian atau okupansi hotel di Malang

Ilustrasi

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, pembangunan hotel yang marak saat ini cenderung latah ketimbang mengakomodasi kebutuhan pasarnya. “Banyaknya investor yang seperti berlomba-lomba membangun hotel, kita bisa lihat di Bali saja sudah jenuh karena harga tanah yang sudah terkerek naik tetap dipaksakan juga untuk membangun hotel,” ujarnya kepada housing-estate.com, Senin (29/12).

Kendati semua developer mengklaim memiliki pasar yang potensial, Ali mengingatkan semestinya kondisi pasar saat ini disikapi dengan lebih bijak. Lebih jauh Ali menyebut kondisi pasar hotel saat ini memasuki tahap market warning karena pasar tumbuh tidak sesuai harapan tapi pembangunan hotel kian masif.

“Pasar itu ada batasan limitasi atau batasan permintaan yang harus diwaspadai oleh pengembang. Sekarang ini hotel kelas budget sudah menunjukan kejenuhan dan masuk kategori market warning. Meskipun wisatawan terus meningkat, tapi pembangunan yang berlebihan membuat segmen persaingannya kian ketat,” imbuhnya.

Ali menyebut hotel-hotel budget di Bali yang sebagian besar mulai mematok harga kamar di bawah rata-rata. Begitu juga di daerah destinasi wisata lainnya seperti Yogyakarta, Solo, termasuk Bandung. Penurunan hunian saat ini mencapai rata-rata di tingkat okupansi 60 persen dari tadinya rata-rata 80 persen.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments