Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedLahan Belum Siap, Pembangunan Sejuta Rumah Tertunda Lagi

Lahan Belum Siap, Pembangunan Sejuta Rumah Tertunda Lagi

Housing-Estate.com, Jakarta – Program sejuta rumah yang sudah digadang-gadang sejak akhir tahun lalu dan merupakan program unggulan pemerintahan Presiden Jokowi-JK realisasinya terus  tertunda.  Sedianya pencanangan pembangunan rumah sederhana untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini dilaksanakan pada awal Maret 2015. Tapi, realiasinya akan dimundurkan lagi menjadi April 2015.

Harga rumah baru RST

Ilustrasi

“Kita masih melihat kesiapan lahan di daerah-daerah untuk dibangun proyek sejuta rumah ini.  Satu juta itu yang akan dibangun oleh pemerintah hanya 10 persennya, sisanya oleh pemda, nanti kita di pusat akan memberikan bantuan, jadi pemda yang harus menyiapkan lahannya,” ujar Syarif Burhanudin, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (27/2).

Kemenpupera sendiri hanya memiliki anggaran sebesar Rp7 triliun untuk membangun 10 persen atau sekitar 100 ribu unit dari program sejuta rumah rersebut. Sisanya bakal dikerjakan oleh Perumnas dan pengembang swasta yang bekerja sama dengan pemda-pemda kendati dipastikan harga rumahnya menjadi lebih mahal.

“Detilnya masih dibahas, lahan yang sudah siap ada Jawa Tengah, yang pasti acara seremoninya akan dilakukan di Jakarta untuk pengerjaan proyek serentak di seluruh Indonesia. Untuk program ini memang daerah dengan melibatkan swasta yang lebih berperan, kita akan mendukung dengan regulasi dan insentif,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments