Monday, June 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedKunci Pembangunan Rumah Rakyat, Pemerintah Harus Punya Land Bank

Kunci Pembangunan Rumah Rakyat, Pemerintah Harus Punya Land Bank

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah perlu secara serius memikirkan keberadan bank tanah (land bank) yang bermanfaat untuk pengembangan perumahan rakyat. Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, selama pemerintah belum memiliki land bank, pembangunan rumah rakyat tidak akan berjalan baik.  “Indonesia sampai hari ini tidak memiliki public housing karena semuanya diserahkan melalui mekanisme pasar. Kita lihat program seribu tower, ternyata hanya 10 persen yang benar-benar diakses oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), mayoritasnya dibeli orang kaya atau investor. Jadi tidak ada sustainability dari program yang diluncurkan termasuk dengan program sejuta rumah saat ini,” ujar Ali kepada housing-estate.com, di Jakarta, Senin (14/9).

Sejuta Rumah

Ilustrasi

Menurut Ali, land bank dapat menahan laju kenaikan harga rumah yang selama ini tidak terkendali. Ini kendala utama pembangunan rumah rakyat. Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak mampu menjangkau kenaikan harga rumah yang melesat jauh meninggalkan  kenaikan penghasilan. Kenaikan harga itu makin sulit ditahan karena pembangunan infrastruktur dan penambahan fasilitas di suatu kawasan terus berlangsung. Paling tidak, ujar Ali, keberadaan land bank dapat membuat harga lebih stabil, kenaikannya tidak melonjak-lonjak.

“Pemerintah seharusnya punya perencanaan pengembangan kawasan, di mana kira-kira pembangunan infrastruktur yang akan digalakkan. Di situ ditentukan lokasi-lokasi untuk perumahan rakyat dan harganya dikunci dulu. Kalau ada pengembang yang mau membangun perumahan mahal biarkan saja karena sudah ada landbank yang harganya dipatok,” imbuhnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments