Tuesday, April 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedKPR Bank Permata Fokus Untuk Rumah Seken dan Ready Stock

KPR Bank Permata Fokus Untuk Rumah Seken dan Ready Stock

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Bank Permata lebih hati-hati dalam menyalurkan kredit pemilikan rumah. Rumah yang dibiayai melalui penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) difokuskan pada rumah seken dan hunian siap huni (ready stock). Ini sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia yang melarang perbankan membiayai rumah belum jadi atau rumah inden.  “KPR yang disalurkan khusus untuk rumah ready stock atau rumah seken, jadi kita nggak biayai rumah inden,” ujar Dewi Damajanti Widjaja, Vice President Head Marketing & Product Development Permata Bank, kepada housing-estate.com di Jakarta, Selasa (15/3).

Ilustrasi

Ilustrasi

Dewi menyebutkan portofolio KPR Permata Bank hingga akhir tahun 2015  sebesar Rp16 triliun. Tahun ini penyalurannya ditargetkan  sebesar Rp6 triliun, angka yang cukup moderat dalam kondisi pasar properti masih lemah. Ia menyebutkan kemungkinan turunnya suku bunga perbankan menyusul penurunan bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) menjadi 7 persen sejak Februari 2016. Sebelumnya BI rate sebesar 7,25 persen. Tapi karena perlu waktu untuk penyesuaian penurunan BI rate ini tidak diikuti  secara langsung turunnya bunga perbankan. Yang dilakukan bank  saat ini menawarkan bunga promosi untuk periode tertentu.

“Bulan ini kita baru keluarkan bunga 9,25 persen untuk dua tahun pertama, kemudian 11,75 persen untuk tahun ketiga hingga kelima. Kalau cost of fund turun pasti bunga akan turun lagi, tidak bisa cepat karena dari sisi bank tetap harus menjaga kehati-hatian terlebih perekonomian saat ini masih belum pulih,” imbuhnya.

Dewi menyebut pihaknya saat ini belum jor-joran mengeluarkan produk dan fitur dengan bunga promosi rendah. Hal ini dikarenakan kinerja Bank Permata tahun 2015 menurun walaupun untuk produk KPR masih cukup bagus. Hal ini diantisipasi dengan menjalankan bisnis secara konservatif  agar kualitas kredit tetap terjaga. Karena itu Bank Permata tahun ini belum mengeluarkan fitur dan produk baru. Produknya masih yang lama yaitu KPR Bijak. Produk ini campuran dengan tabungan sehingga bunga tabungan bisa digunakan untuk mengurangi bunga KPR. Bila tabungannya senilai 135 persen dari plafon KPR maka bunga KPR yang dibayarkan bisa nol persen.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments