Sunday, September 24, 2023
Google search engine
HomeUncategorizedKonsolidasi Lahan Perkotaan Untuk Rusun - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Konsolidasi Lahan Perkotaan Untuk Rusun – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Masalah kesiapan lahan masih menjadi kendala terbesar pengembangan hunian di perkotaan untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).  Ratusan ribu hektar lahan milik badan usaha minik negara (BUMN) yang akan diserahkan untuk program pembangunan sejuta rumah sampai sekarang belum bisa dimanfaatkan.   Lahan-lahan tersebut masih diinventarisir dan masih dikuasai Ditjen Kekayaan Negarara (DJKN) Kementerian Keuangan.

pembanghunan rusun

Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (Kemenpupera), Deddy Permadi, mengatakan, tantangan yang dihadapi di lapangan lebih sulit karena lahan untuk perumahan tidak diatur  secara khusus dalam tata ruang daerah. Bahkan lahan yang sudah dialokasikan untuk hunian kerap tidak dapat dianfaatkan karena sudah berdiri permukiman liar. “Lahan yang bisa digarap oleh Kemenpupera harus sudah clear and clean baik dari sisi legalitas maupun kondisi tanahnya,” ujar Deddy kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (30/3).

Ia mengusulkan untuk meningkatkan fungsi lahan di kawasan perkotaan dengan mengkonsolidasi lahan di kawasan permukiman padat. Kawasan padat yang di dalam tata ruang termasuk zona kuning atau perumahan dioptimalkan dengan dibangun hunian vertikal atau rumah susun.

Deddy mengakui upaya konsolidasi lahan ini tidak mudah. Harus dipastikan dulu masyarakat pemilik lahan harus mendapatkan hak dan keuntungan dari pembangunan rusun itu. Di sini peran dan dukungan pemerintah daerah (Pemda) sangat menentukan karena kewenangan eksekusinya ada di daerah. “Yang seperti ini sudah kita mulai di DKI Jakarta dengan menormalisasi kawasan bantaran kali, membuat rusun terintegrasi pasar, jadi dibutuhkan peran dan dukungan kepala daerah,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments