Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedKetentuan Hunian Berimbang Diacuhkan Pengembang - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Ketentuan Hunian Berimbang Diacuhkan Pengembang – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Undang-Undang No. 1 Tahun 2011 mengenai perumahan dan kawasan permukiman mengamanatkan pola pembangunan hunian dengan konsep 1-2-3 atau hunian berimbang. Pola hunian berimbang mengatur pengembang untuk membangun satu rumah mewah dengan dua rumah menengah dan tiga rumah sederhana.

Sejuta Rumah

Ilustrasi

Sampai sekarang beleid ini tidak punya taji. Dengan berbagai dalih pengembang tidak mau melaksanakan ketentuan ini. Mereka antara lain menyatakan turunan dari UU ini, misalnya, peraturan pemerintah (PP) atau peraturan menteri (permen) yang mengatur teknis pelaksanaanya masih belum ada. Selain itu harga tanah semakin mahal sehingga untuk membangun rumah sederhana sulit.

Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, Stefanus Ridwan, menyarankan pemerintah agar lebih bijaksana dalam menerapkan pola hunian berimbang. Karena mahalnya harga tanah saat ini rumah kecil harganya bisa mencapai miliaran. “Tanah dan harga bahan bangunan semakin mahal, kalau di Jakarta hampir mustahil dikembangkan hunian berimbang. Harga tanah sudah mencapai belasan hingga puluhan juta per meter persegi, sementara di daerah harganya rendah banget,” ujar Ridwan kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (19/10).

Pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan diminta duduk bersama membahas masalah ini terlebih di saat perekonomian tengah terpuruk. Ridwan secara terus terang menyatakan pihaknya tidak melaksanakan konsep hunian berimbang karena tidak memungkinkan. Ia juga belum yakin konsumen mau membeli seandainya ketentuan hunian berimbang dipenuhi.

“Kalau semuanya baik pasti pemerintah juga yang happy, jangan membuat aturan yang sekadar untuk populis tapi tidak bisa diterapkan malah bikin susah semua. Buat kebijakan yang bisa mendorong industri ini bisa lebih maju, jangan malah menghambat,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments