Saturday, June 22, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedKemenpupera Bentuk Lembaga Perumahan di Daerah - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Kemenpupera Bentuk Lembaga Perumahan di Daerah – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk menyinkronkan program sejuta rumah antara pemerintah pusat dan daerah, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) membentuk Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Bidang Perumahan di seluruh provinsi. SNVT Perumahan diharapkan bisa mempercepat program dan pengawasan pembangunan sejuta rumah dan mempemudah koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Ilustrasi

Ilustrasi

 

“Tahun 2016 ini kita bertekad untuk terus meningkatkan penyerapan program sejuta rumah. SNVT Perumahan ini juga merupakan lembaga pertama di lingkup Ditjen Penyediaan Perumahan yang semoga bisa mempercepat seluruh pelaksanaan program perumahan yang kita jalankan,” ujar Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera, saat pelantikan pengurus SNVT di Kantor Kemenpupera Jakarta, Jumat (15/1).

Selama ini, jelas Syarif, program perumahan masih menganut sistem sentralisasi dimana seluruh program perumahan hanya menjadi tugas pemerintah pusat. Dengan adanya lembaga baru ini ada sekitar 196 orang pilihan gubernur dan kepala dinas dari seluruh provinsi yang akan lebih memahami problematika pembangunan perumahan di daerahnya masing-masing.

Personil SNVT Perumahan diambil dan berkantor di daerah sehingga kualitas program sejuta rumah akan lebih terjamin. Ini juga terkait dengan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan pembangunan di daerah harus melibatkan kontraktor lokal, minimal sub kontraktornya dari perusahaan lokal.

“Selain itu harus diupayakan juga konten atau bahan baku lokal semaksimal mungkin untuk pembangunan perumahan di daerah. (Dengan model seperti itu) peredaran uang akan lebih besar di daerah sehingga daerah bisa semakin maju,” tandas Syarif.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments