Sunday, July 14, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedKeberhasilan Penjualan Hanya Sebatas Klaim

Keberhasilan Penjualan Hanya Sebatas Klaim

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kalangan pengembang kerap meng-announce penjualan proyek propertinya dengan sangat bombastis. Istilah-istilah seperti ‘terjual hanya dalam satu hari’, ‘langsung ludes’, ‘sold out sebelum di-launching’, dan rupa-rupa istilah lainnya hanya menitikberatkan pada bahasa promosi agar branding  produknya lebih mengena di pasar.

Apartemen Wismaya Residence

Ilustrasi

Kini pola pemasaran yang banyak dilakukan pengembang adalah penerapan nonor urut pendaftaran (NUP). Calon pembeli diminta mendaftar dulu dengan membayar sejumlah uang, sekitar Rp5-10 juta. Pada hari peluncuran akan dilakukan pemilihan unit, kalau NUP-nya melebihi unit yang ditawarkan akan dilakukan undian.

Menurut Michael, Marketing General Manager PT Langgeng Makmur Sejahtera, pengembang Wismaya Residence, Bekasi, Jawa Barat, jumlah NUP tidak menggambarkan penjualan riel sebuah proyek properti. Sebab pengambilan NUP dengna sejumlah uang sifatnya  refundable atau uangnya bisa diminta lagi apabila konsumen tidak jadi membeli.

“Mereka yang membeli NUP umumnya kalangan investor dan agen properti. Motifnya hanya sekadar untuk memiliki tanda jadi di unit tersebut. Jadi sama sekali belum menggambarkan penjualan, hanya supaya kelihatan hebat saja,” ujar Michael  kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (2/10).

Karena itu, lanjut Michael, pihaknya tidak menerapkan konsep NUP, tapi langsung tanda jadi. Nantinya tanda jadi  dipakai untuk memotong uang muka pembelian. Michael menyebut  ada sejumlah pengembang yang memanfaatkan NUP untuk mengumpulkan uang receh. Sebab,  ada beberapa pengembang yang memotong untuk biaya administrasi atau hangus seluruhnya bila konsumen tidak jadi membeli.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments