Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedKayu, Material Bahan Bangunan Terbaik Dari Alam

Kayu, Material Bahan Bangunan Terbaik Dari Alam

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kayu merupakan salah satu anugerah terbesar bagi manusia dengan fungsi dan penggunaannya yang sangat luas. Untuk membuat hunian nyaman dan sehat kayu juga bisa menjadi material utama. Estetika kayu hingga saat ini belum bisa digantikan dengan produk bahan material hasil pabrik.

Tropideck

Tropideck

Menurut Ryan Wirasasmita, CEO Tropideck, sebuah perusahaan penyedia kayu dan desain berbahan kayu, material kayu merupakan bahan bangunan yang selama ribuan tahun digunakan karena karakter alaminya. Boleh dibilang kayu merupakan material alami yang tidak beracun dan menyebarkan emisi kimia ke dalam ruangan seperti material bahan bangunan lainnya selain limbah kayu juga bisa dimanfaatkan ulang.

“Yang sering kita lupakan penggunaan kayu dianggap merusak alam sementara material pabrikasi lain justru sampahnya sangat merusak alam. Ini berbeda dengan kayu yang limbahnya justru bisa memperbaiki alam, dengan penggunaan yang tepat kayu justru ramah lingkungan karena bisa ditumbuhkan,” ujarnya kepada housing-estate.com di ajang pameran bahan bangunan dan arsitektur Indobuiltech di Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (29/5).

Kelebihan lain dari kayu, lanjut Ryan, seiring pertambahan usianya justru bisa menawarkan desain yang lebih menarik karena tampilan alami dari urat maupun motif kayu yang sangat spesial. Kayu juga bisa digunakan dengan menjamin renewability dan recyclability selain menyimpan karbon dalam siklus hidupnya. Produksi dan pengolahan kayu juga menggunakan energi yang relatif lebih sedikit dibandingkan pengolahan material lainnya.

Tropideck sudah beroperasi sejak tahun 1996 dan menggunakan bahan baku kayu alami dari hutan tropis terbesar di Kalimantan. Prosedur pengolahan kayu sangat ketat untuk menjaga keberlanjutan dan keseimbangan alam. Kayu yang digunakan dari jenis Hevea, Walnut, Acacia, Mahogany, Merbau, Oak, Teak, dan Sungkai.

“Tantangan untuk mengaplikasikan kayu di rumah adalah memilih jenis kayu yang tepat, instalasi, serta perawatannya. Di sinilah perusahaan kami mengambil peran untuk membantu konsumen memilih spesimen kayu yang tepat, instalasi, sekaligus perawatannya. Produk yang kami sediakan sendiri mulai kayu gelondongan hingga untuk material dinding, lantai, bahkan struktur dari kayu,” pungkasnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments