Friday, July 12, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJokowi Resmikan Pembangunan Tol Trans Sumatera - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Jokowi Resmikan Pembangunan Tol Trans Sumatera – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Seperti yang dijanjikan saat melakukan pencanangan pembangunan sejuta rumah di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan jalan tol trans Sumatera di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar-Palembang-Indralaya. Lokasi groundbreaking dipusatkan di Sabah Balau, Lampung Selatan, selain dilakukan juga di Bakauheni dan Palembang.

Presiden Jokowi meresmikan pembangunan jalan tol trans Sumatera

Presiden Jokowi meresmikan pembangunan jalan tol trans Sumatera
Sumber fotp: palingkatual.com

“Akhirnya kita bisa melakukan pembangunan jalan tol ini setelah pembebasan lahannya beres. Jalan tol ini juga istimewa karena lebarnya mencapai 120 meter, jalan tol ini disiapkan juga untuk jalur kereta dan instalasi listrik,” ujarnya ketika melakukan prosesi groundbreaking di Lampung Selatan, Kamis (30/4).

Pada kesempatan ini, Jokowi juga mengapresiasi Gubernur Lampung yang telah melakukan percepatan pembebasan lahan sehingga bisa memastikan pembangunan jalan tol ini bisa diselesaikan dalam waktu tiga tahun. Trans Sumatera ini panjangnya mencapai 2.048 km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Basuki Hadimuljono menambahkan, jalan tol ini dibangun dalam empat paket. Ruas Medan-Binjai (16,8 km), Palembang-Simpang Indralaya (22 km), Pekanbaru-Dumai (135 km), dan Bakauheni-Terbanggi Besar (138 km). “Total biaya pembangunan untuk empat ruas ini mencapai Rp39,1 triliun,” imbuhnya.

Pembangunan tol Trans Sumatera bersamaan dengan dilanjutkannya proyek pembangunan Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Dengan adanya tol trans Sumatera dan pelabuhan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi industri dan ekonomi khususnya di Sumatera. Basuki juga menyebutkan Kemenpupera, Kementerian BUMN, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, dan kementerian lainnya akan berkoordinasi secara aktif untuk menjamin kelancaran proyek infrastruktur di Sumatera ini.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments