Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJokowi Resmikan Kantor Layanan Satu Pintu - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Jokowi Resmikan Kantor Layanan Satu Pintu – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk mempermudah layanan perizinan, pemerintah menerbitkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berada di bawah Badan Koordinasi Penanaman Modal  (BKPM). Dengan penerapan PTSP ini pemerintah mengintegritaskan kewenangan perizinan dari 22 kementerian dan lembaga lainnya sehingga mempermudah masyarakat mengurus perizinan yang dibutuhkan.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

“Kita sudah memberikan target tiga bulan lalu dan Alhamdulillah sekarang sudah selesai. Semua perizinan di kementerian dan lembaga lain kita tarik ke sini sehingga bisa dilayani dengan lebih cepat dan lebih baik,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan PTSP di Kantor BKPM Jakarta, Senin (26/1).

BKPM sendiri sejak medio Desember 2014 lalu telah meluncurkan layanan penerbitan perizinan penanaman modal secara online untuk memudahkan investor mengakses layanan perizinannya. Dengan layanan ini investor juga dapat memantau proses perizinan yang diajukan secara online. Presiden dan para menteri dapat memantau proses layanan perizinan yang menjadi perwakilan kementerian maupun lembaganya di PTSP-BKPM karena di tempat ini juga tersedia fasilitas konsultasi yang berisi perwakilan masing-masing kementerian/lembaga.

Jenis izin dan non izin yang bisa dilakukan secara online melalui PTSP-BKPM mencakup 108 perizinan dan 28 pelayanan non izin. Diantaranya izin prinsip penanaman modal, izin prinsip perluasan, penggabungan perusahaan, izin usaha, izin kantor perwakilan perusahaan asing, proyek baru, dan perluasan.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, dengan layanan ini investor tidak perlu lagi berkeliling Jakarta untuk mengurus perizinannya. “Integrasi perizinan di PTSP ini diharapkan menjadi batu loncatan untuk Indonesia yang lebih maju karena kita menyadari investasi merupakan salah satu penggerak ekonomi nasional,” imbuhnya.

Salah satu sektor yang akan lebih mudah dan cepat pengurusan perizinannya adalah mengenai informasi harga tanah atau lahan di suatu daerah. Hal itu bisa didapat di meja konsultasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang menyediakan informasi harga pasar untuk lahan kawasan industri di Indonesia bahkan untuk mengetahui harga pasar berdasarkan zonasinya.

“Sebelumnya, untuk mendapatkan informasi ini masyarakat dan investor harus mendatangi lokasinya. Sekarang tidak perlu lagi karena di sini ada informasinya sehingga investor sudah memegang data awal. Patokan harga ini juga berdasarkan harga pasar dan bukan NJOP sehingga lebih riel di lapangan,” ujar seorang petugas BPN.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments