Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJokowi Anulir Rencana Penghapusan PBB - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Jokowi Anulir Rencana Penghapusan PBB – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Keinginan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Ferry Mursyidan Baldan, menghapuskan pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk rumah tinggal dipastikan kandas.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut yang dimaksud Menteri Agraria tidak seperti itu. Pandangan Jokowi itu dibocorkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

“Nggak ada ada rencana penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan oleh pemerintah pusat.  Presiden udah jelasin, yang dimaksud menteri bukan begitu,” kata Basuki di Balai Kota, Jakarta, Selasa (17/2).

Basuki mengatakan, wacana tersebut menjadi pertanyaan dan perhatian para kepala daerah di seluruh Indonesia. Pasalnya, PBB merupakan salah satu sumber PAD (pendapatan asli daerah) yang sangat penting bagi daerah. Kontribusi PBB dalam APBD juga cukup signifikan. Menurut Basuki, ketika Jokowi mengumpulkan kepala daerah di Istana Bogor, Senin lalu, wacana penghapusan PBB ditanyakan para bupati.

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan, Ferry  menyampaikan keinginannya untuk memungut PBB hanya sekali saat transaksi atau pembelian rumah. Namun, hal itu hanya sebatas rumah tinggal pribadi, untuk bangunan komersial tetap dikenakan PBB. Bangunan komersial mencakup antara lain ruang usaha (ruko), hotel, pusat belanja, mal, kontrakan.

Penghapusan PBB ini memang baru sebatas wacana yang masih membutuhkan kajian lebih mendalam. Ferry pernah mengatakan, agar dilakukan kajian terlebih dulu seberapa besar daerah akan kehilangan pendapatan apabila penghapusan PBB diterapkan.  Dasar hokum pungutan PBB adalah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Sesuai undang-undang ini PBB menjadi hak dan masuk ke kas daerah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments