Tuesday, April 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJasa Marga Usul Bangun Jalur Tol Layang Jakarta - Cikampek  

Jasa Marga Usul Bangun Jalur Tol Layang Jakarta – Cikampek  

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Perusahaan pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengusulkan pembangunan layang tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Cikampek II Selatan. Menurut Sekretaris Perusahaan Jasa Marga M. Sofyan, usulan ini didasari pertimbangan volume jalan tol Jakarta-Cikampek sepanjang 73 km sudah sangat padat. Saat libur panjang lebaran, natal dan tahun baru, ruas tol ini tidak mampu lagi menampung kendaraan yang lewat. Seperti libur Maulid, Natal, dan tahun baru 2016 yang terjadi belum lama ini, jalan tol Jakarta – Cikampek macet total.

Kemacetan di tol

Kemacetan di tol

“Kami sudah mengusulkan kepada pemerintah untuk dibangun jalan tol Jakarta-Cikampek II dan saat ini tengah dievaluasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Ini untuk mengantisipasi volume kendaraan seiring dengan peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Jumat (8/1).

Jasa Marga sendiri sudah melakukan peningkatan kapasitas ruas tol ini secara bertahap. Ruas Cawang hingga Cikarang Timur saat ini sudah dua kali empat jalur, sementara ruas Cikarang Timur – Cikampek sudah dua kali tiga jalur. Namun peningkatan kapasitas ini tidak sebanding dengan percepatan peningkatan volume kendaraan. Untuk itu, menurut Sofyan, perlu dibangun jalur layang (elevated) di sepanjang jalur yang sudah ada.

“Saat ini rata-rata lalu lintas harian yang masuk melalui gerbang tol Cikarang Utama mencapai 75 ribu kendaraan. Jumlah ini bisa melonjak hingga dua kali lipat saat hari libur, makanya kemacetan tidak bisa dihindarkan,” imbuhnya.

Jalur layang tol yang diusulkan sepanjang 40 km dari Sadang  hingga ke tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) diperkirakan membutuhkan dana Rp10 – 13 triliun.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments