Wednesday, April 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJalan Tol Medan-Tebing Tinggi Segera Dibangun - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi Segera Dibangun – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melakukan penandatanganan kerjasama untuk pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) yang merupakan anak perusahaan Jasa Marga. JMKT merupakan pemegang konsesi jalan tol tersebut yang merupakan konsorsium dari empat BUMN yaitu Jasa Marga (55 persen), Pembangunan Perumahan (15 persen), Waskita Karya (15 persen), dan Hutama Karya (15 persen).

Ilustrasi

Ilustrasi

“Konsesinya untuk 40 tahun, semoga pembangunan konstruksi bisa segera terlaksana, targetnya seksi I di Medan-Kualanamu bisa berfungsi tahun 2016, seksi II di Kualanamu-Tebing Tinggi tahun 2017. Semoga pembebasan tanahnya bisa lancar,” ujar Direktur Bina Marga Kemenpupera Djoko Murjanto, saat acara penandatanganan di Jakarta, Senin (5/1).

Jalan tol ini akan memiliki total panjang 61,7 km dengan rincian seksi Tanjung Morawa (Medan)-Perbarakan-Kualanamu sepanjang 17,8 km dan saat ini tengah dibangun dengan target selesai bulan Juni 2015. “Ini yang dibangun yang menjadi bagiannya pemerintah, investasinya mencapai Rp1,1 triliun,” imbuhnya.

Sisanya sepanjang 43,9 km yang akan dikerjakan oleh konsorsium dan saat ini pembebasan tanahnya sudah mencapai 83 persen. Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sendiri dirancang memiliki 2×2 jalur untuk tahap awal dan menjadi 2×3 jalur di tahap akhir untuk kecepatan kendaraan mencapai 100 km/jam. Jalan tol ini juga akan terkoneksi dengan jalan tol Belmera-Medan-Tanjung Morawa.

“Jalan tol ini memiliki pernana penting untuk mendorong peningkatan ekonomi khususnya di Sumatera Utara yang akan mendukung terciptanya pertumbuhan ekonomi baru. Total biaya investasinya mencapai Rp4,1 triliun yang akan didanai dari equity JMKT sebesar 30 persen dan sisanya dari perbankan,” imbuh Djoko.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments