Wednesday, April 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJalan Lido Sukabumi Menggunakan Aspal Berkaret - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Jalan Lido Sukabumi Menggunakan Aspal Berkaret – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melakukan uji coba pekerjaan pelapisan perkerasan jalan dengan menggunakan karet alam di koridor Jalan Lido Sukabumi. Ruas jalan yang dilapisi aspal karet alam ini sepanjang 4,2 km, lebar 10,5 m, dengan pengerjaan 60 hari.

Aspal

Menurut Dirjen Bina Marga Kemenpupera Arie Setiadi Moerwanto, Kemenpupera telah berkomitmen untuk menggunakan karet alam yang ditambahkan ke bahan aspal untuk ikut mendukung kesejahteraan petani karet sehingga produksinya bisa meningkat. “Ada sekitar 7 persen kandungan karet alam, atau sekitar 4,2 kg karet alam dalam setiap ton campuran aspal. Penggunaan karet juga membuat kualitas jalan lebih baik dan tahan lama,” ujarnya saat meninjau ruas Jalan Lido, pekan ini.

Kemenpupera akan ikut penggunaan karet alam ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani karet. Kementerian Perindustrian juga telah menjamin suplai karet alam untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan. Indonesia sendiri merupakan salah satu produsen karet alam terbesar dunia dengan kapasitas mencapai 3,2 ton.

Dari kapasitas produksi ini hanya 0,6 ton digunakan di dalam negeri sementara 2,4 juta diekspor ke manca negara. Akibat menurunnya perekonomian dunia, permintaan ekspor karet alam juga menurun yang membuat harganya menjadi jatuh. Untuk menyiasati ini pemerintah mengeluarkann kebijakan nasional untuk memanfaatkan karet di berbagai sektor dan hal ini ditangkap oleh Kemenpupera dengan menggunakannya untuk pembangunan dan perbaikan jalan.

“Penggunaan karet alam untuk aspal ini masih terus diteliti dan dikembangkan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kemenpupera bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Pusat Penelitian Karet Bogor. Yang pasti karet alam ini bisa meningkatkan kualitas aspal juga mengembalikan kesejahteraan petani karet,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments