Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedIkonography Mal Kuningan City - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No. 1...

Ikonography Mal Kuningan City – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Mal menghadirkan ikon para pesohor dan karya seni untuk mengukuhkan positioning sebagai life style destination kaum menengah atas urban

Housing-Estate.com, Jakarta – Ini salah satu dari tiga mal besar sekaligus life style destination yang dikembangkan di Jl Prof Dr Satrio, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, dalam lima tahun terakhir. Dua lainnya Mal Casablanca dan Ciputra World. Kawasan Mega Kuningan yang banyak dihuni bangunan korps diplomatik, gedung-gedung perkantoran, dan hotel mewah dimimpikan sebagai orchard road-nya Jakarta. Karena itu mal-mal, juga gedung perkantoran, dibangun menyatu dengan jalan dilengkapi pedestrian serba lebar.

Mal Kuningan City

Saat ini jalur utamanya itu padat dan macet karena tengah disibukkan dengan pembangunan jalan layang Kampung Melayu– Tenabang. Maunya setelah fly over itu beroperasi, Jl Prof Dr Satrio di bawahnya nyaman dan bergaya dilintasi dengan berjalan kaki seperti shopping belt Orchard Road di Singapura. Karena selalu padat dan macet, Mal Kuningan City (83.000 m2) menjadi tempat ngumpul eksekutif muda sepulang kerja untuk sekedar ngopi, nonton film, sembari menunggu kemacetan terurai, atau berbincang soal yang lebih serius.

Pengunjung lain para karyawan dan profesional yang bekerja di AXA Tower, gedung perkantoran yang terhubung dengan mal, dan office tower lain di kawasan Mega Kuningan, serta para pekerja asing (ekspatriat), pada jam kerja. Karena itu mal justru lebih ramai pada hari Senin–Jumat. Menurut Eliza Susanto, Public Relation Supervisor Mal Kuningan City, setiap pekan pengunjung mal yang dibuka sejak akhir tahun lalu ini mencapai 26.000 orang.

Lekuk seksi

Mal Kuningan City merupakan bagian dari proyek terpadu (mixed use development) Kuningan City yang terdiri dari AXA Tower (63.000 m2), apartemen Denpasar Residence (94.000 m2), dan mal. Pengembangnya PT Arah Sejahtera Abadi (Agung Podomoro Land) mengonsepnya sebagai tempat work, play, and rest kaum menengah atas urban. Untuk itu setiap minggu mal menggelar berbagai acara seputar gaya hidup urban seperti talk show dengan figur publik, pagelaran busana, pameran mobil, dan lainlain.

Mal Kuningan City

Mal berkonsep single koridor di setiap lantai

Mal Kuningan City

Didesain berbentuk lekuk-lekuk seksi seperti huruf S

Pengelola mal juga memilih 12 ikon dari kalangan profesional muda yang dianggap memiliki talenta, prestasi, dan karakter, sebagai ikon. Profesional urban yang disebut sebagai “12 iKonography” itu adalah Paula Verhoeven (model), Marsha Timoty (selebriti), Fitria Yusuf (sosialita), Anton Wirjono (DJ), Aston Utan (entrepreneur), Jacklyn Halim (pebisnis ritel), Leonard Theosabrata (desainer produk), Tex Saverio (desainer pakaian), Alexandra Asmasoebrata (pembalap), Nicoline Patricia Malina (fotografer), Didiet Maulana (culturist), dan Iwet Ramadhan (presenter dan radio host).

Mengikuti konsep itu bangunan mal didesain berbentuk lekuk-lekuk seksi seperti huruf S oleh DP Architects dari Singapura, yang memberi kesan modern dan dinamis. Ruang dalamnya dirancang seperti mal kelas atas pada umumnya. Setiap lantai memiliki langitlangit sehingga memberi fokus pandangan ke sebuah lantai. Dengan konsep single koridor di setiap lantai, pengunjung akan diarahkan melalui semua gerai. “Ketika berjalan sekali putar, setiap gerai bisa dikunjungi tanpa orang merasa capek,” kata Eliza.

Mal yang mendapat Asia Pacific Property Award 2013 untuk kategori “Mixed-Use” dan “Retail Development Indonesia” ini terdiri dari enam lantai. Sesuai konsepnya, sebagian besar ruang diisi jasa food & beverages dan hiburan selain fashion, aksesoris, dan lain-lain. Kafe dan resto paling banyak dihadirkan di lantai dasar yang dilengkapi hipermarket Lotte Mart. Sedangkan gerai pakaian, aksesoris, salon kecantikan, gadget dan barang elektronik, serta entertainment, menyebar di ground floor sampai lantai teratas. Setelah lebaran sebuah klub akan dibuka di dalam mal dan di fine dining.

Interupsi lukisan jempol

Seperti karya DP Architects pada beberapa mal di Jakarta, Mal Kuningan City didesain menurut cita rasa kaum menengah atas urban. Permainan bentuk-bentuk lingkaran oval dipadu lampu warna-warni menjadi ornamen penghias langit-langit mal. Atap lobi utama dan koridor tempat orang berlalu lalang dirancang berbentuk daun. Karena diletakkan persis di bawah apartemen, kolomkolom besar penopang bangunan terlihat di dalam mal.

Mal Kuningan City

Untuk menyamarkannya perancang menambahkan aplikasi keramik mozaik, parketkaca, dan batu koral di lapisan terluarnya. Permainan itu cukup berhasil menjadikan kolom-kolom beton itu menjadi dekorasi ruang. Di depan kolom-kolom itu diletakkan kursi-kursi merah untuk tempat duduk pengunjung. Sebuah lukisan berbentuk jempol karya maestro seni rupa Sunaryo Soetono menginterupsi mata di dinding ground floor (GF) hingga lantai berikutnya. Untuk menikmatinya secara utuh anda sebaiknya melihat dari lantai GF. Karya Sunaryo lain berupa dua batu menyerupai batu kali berukurkan cukup besar diletakkan di lantai upper ground (UG ).

Penempatan dan pameran karya seniman memang makin menjadi tren di berbagai mal kelas atas di Jakarta, karena karya seni kadung menjadi komoditas favorit kaum berada kota baik sebagai investasi maupun prestise. Mal Ciputra World di seberang Mal Kuningan City bahkan menyediakan museum seni dan auditorium yang disebut artpreneur centre. Sementara di depan mal akan dihadirkan instalasi seni rupa. Penyediaan galeri seni dan penempatan instalasi seni itu sesuai dengan konsep mixed use development masa kini sebagai financial, shopping, and art district, meniru konsep serupa di kota-kota besar lain di negara-negara makmur.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments