Tuesday, June 18, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedHunian Rp500 Jutaan Paling Banyak Dicari Secara Online - Housing-Estate.com - Portal...

Hunian Rp500 Jutaan Paling Banyak Dicari Secara Online – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kemajuan teknologi membuat segalanya menjadi lebih mudah, cepat dan efisien. Termasuk jual beli properti secara daring (online). Dari total 970.000 pengiklan per hari di situs iklan baris online OLX.co.id, sekitar 264.000 adalah iklan properti baru. Platform jual beli online gabungan dari Tokobagus.com dan Berniaga.com ini mencatat ada 110.000 pemasar properti, 7.000 di antaranya agen profesional. Sementara jumlah pembeli bisa mencapai 382.000 per bulan.

Ilustrasi

Ilustrasi

Sebanyak 53.000 properti diklaim laku (terjual dan tersewa) setiap bulan. “Enam bulan terakhir yang laku kebanyakan properti seharga Rp500 jutaan. Itu harga asking price dari penjual ya, deal-nya berapa kita tidak tahu karena transaksi hanya melibatkan penjual dan pembeli,” kata Chief Commercial Officer OLX.co.id Agung Iskandar di Jakarta, Kamis (19/10).

Ia menjelaskan, bila 10 tahun lalu konsumen yang mencari properti yang sesuai harus datang ke pameran properti di mal-mal atau lewat broker, kini e-commerce baik iklan baris, market place atau e-tailer makin menjadi opsi. “E-Commerce lebih mudah karena bisa dilakukan kapan saja dimana saja. E-commerce menjadi good compliment untuk bisnis properti,” ujarnya.

Komposisi jenis properti yang ditawarkan, 63 persen rumah (90 persen rumah seken), 19 persen tanah, 9 persen apartemen, 5 persen properti komersial dan 3 persen indekos. Khusus rumah, properti komersial dan tanah, 63-99 persen diiklankan untuk dijual. Sedangkan apartemen dan kos-kosan 52-100 persen untuk disewakan. Rata-rata iklan bisa laku tersewa atau terjual dalam 30 hari. “Bahkan, di Tangerang hanya 27-28 hari,” jelasnya.

Kendati secara persentase iklannya masih sangat kecil (6.000 iklan baru/bulan), kos-kosan diklaim paling likuid. Dari 10 daftar iklan kos-kosan, 40 persen diklaim pasti tersewa dalam kurang dari satu bulan. “Cepat banget transaksinya. Posting 2-4 minggu sudah tersewa,” ujar Agung. Di Jakarta kawasan yang banyak dicari adalah Jakarta Selatan dan Barat karena di kawasan banyak banyak perkantoran dan kampus perguruan tinggi. Sedangkan untuk kota, Surabaya menjadi wilayah paling ramai menawarkan kos-kosan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments