Sunday, May 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedHunian Berimbang Boleh di Lokasi Lain - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Hunian Berimbang Boleh di Lokasi Lain – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) meminta kalangan pengembang untuk tidak berdalih tidak melaksanakan pembangunan hunian berimbang karena masalah harga tanah yang terlalu tinggi. Sesuai UU No. 1/ 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), pengembang wajib membangun proyeknya dengan pola hunian berimbang 1-2-3. Maksudnya setiap pembangunan satu rumah mewah harus diikuti pembangunan dua rumah menengah dan tiga rumah sederhana.

Ilustrasi : Pembangunan rumah sederhana

Ilustrasi : Pembangunan rumah sederhana

Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera, Syarif Burhanuddin, mengatakan, kewajiban membangun rumah sederhana boleh dikembangkan di kawasan lain yang harga lahannya lebih murah. Aturan ini tidka perlu menjadi momok yang menakutkan karena pemerintah memahami harga tanah cenderung naik.

“Makanya (untuk rumah sederhana) boleh dikembangkan di luar kawasan. Jadi, tidak boleh lagi konsep hunian berimbang ini tidak dilaksanakan di lapangan,” ujar Syarif saat berbicara di diskusi mengenai Optimalisasi Hunian Berimbang Dalam Program Sejuta Rumah di Jakarta, Kamis (7/4).

Untuk memudahkan pelaksanaan hunian berimbang pemerintah daerah (Pemda) dapat berperan lebih optimal. Pemda dapat menggandeng kalangan pengembang untuk mengembangkan rumah sederhana yang menjadi kewajiban pengembang. Dengan cara begini  pembangunan rumah sederhana untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di daerah-daerah bisa terlaksana.

Selain itu pemerintah juga memberikan insentif  kepada pengembang rumah sederhana. Misalnya bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk jalan lingkungan, saluran air, dan penerangan jalan. Beragam kemudahan ini ditopang potensi pasar yang tidak terbatas. Konsumennya sangat banyak dan mereka mendapatkan  dukungan pemerintah berupa subsidi bunga dan bantuan uang muka. “Jadi pengembang jangan hanya fokus pada proyek komersial, jalankan juga kewajibannya. Mereka tidak rugi, tetap ada margin keuntungan,” ujarnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments