Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedHarga Apartemen Menengah Mencapai Rp35 Juta/M2 - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Harga Apartemen Menengah Mencapai Rp35 Juta/M2 – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Harga seluruh sub-sektor properti mengalami kenaikan signifikan. Salah satu yang mengalami kenaikan cukup tajam adalah apartemen menengah.  Dalam beberapa tahun ini harganya naik hamper dua kali lipat.

Apartemen Taman Rasuna

Ilustrasi: Apartemen Taman Rasuna

“Sekarang harga apartemen middle itu ada di-range Rp27 juta-Rp35 juta/m2, beberapa tahun lalu masih Rp15 juta-Rp17 jutaan/m2. Untuk kelas upper di atas Rp40 juta/m2, yang tertinggi yang kita pantau ada yang seharga 7.000 dollar Amerika atau Rp80 juta/m2, itu apartemen di SCBD,” ujar Vivin Harsanto, Head of Advisory JLL Research, sebuah lembaga konsultan properti global, kepada housing-estate.com saat paparan Jakarta Property Market Update di Jakarta, Rabu (21/1).

Perkembangan harga itu, tambah Vivin, membuktikan bahwa peningkatan kelas menengah di Indonesia memang benar terjadi.  Vivin juga menyinggung soal pajak barang mewah di sektor properti. Menurut Vivin, kendati ketentuan pajak barang mewah (luxury tax) di sektor properti didasarkan pada luas bangunan, tetapi yang berlaku di pasar lebih pada batasan harga. “Bila ada apartemen berukuran 150 m2, tapi harganya masih Rp15 – 17 juta/m2, ini belum termasuk kelas upper market,” ujarnya.

Sesuai aturan yang berlaku, rumah tapak dengan luas 350 m2 dan apartemen seluas 150 m2  masuk kategori mewah dan terkena pajak barang mewah. Bila harganya di atas Rp10 miliar akan terkena lagi pajak barang super mewah. “Jadi, di pasar yang lebih bermain itu segmen harga, bukan luasan. Harga ini juga bisa berbeda bila lokasinya berlainan, misalnya harga Rp1 miliar di Jakarta itu untuk kelas menengah, di Surabaya kelas menengahnya Rp800 juta,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments