Friday, July 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedHanson Kerahkan Raksasa Properti Bangun Maja - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Hanson Kerahkan Raksasa Properti Bangun Maja – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Hanson International punya cara sendiri untuk mengembangkan asetnya. Untuk mengembangkan ribuan hektar lahan miliknya di Maja, Lebak, Banten, perusahaan yang dikomandani Benny Tjokrosaputro (CEO) itu memilih bermitra dengan pengembang lain yang bereputasi. Pilihannya perusahaan raksasa yang punya nama dan dana kuat. Ciputra Group salah satu yang diajak kerjasama dengan mengembangkan Citra Maja Raya. Proyek perumahan seluas 2.000 ha itu sudah dipasarkan sekitar satu tahun lalu.

Stasiun Maja

Stasiun Maja

Bukan hanya dengan Ciputra, Hanson juga menggandeng Pelican Group milik pengusaha Tan Kian untuk mengembangkan lahannya di Parung Panjang, Bogor. Lahan seluas 1.000 ha itu akan disulap menjadi kota baru Millennium Village. Kendati master plan-nya sudah rampung proyek tersebut sampai sekarang belum dimulai.

Bukan hanya pengembang lokal yang dikerahkan, korporasi asing juga dilibatkan. Di sela perhelatan World Islamic Economic Forum (WIEF) yang digelar awal pekan ini di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta, Hanson  meneken kerjasama dengan tiga pengembang Malaysia, yaitu Sime Darby Berhard,  I & P Group Sdn. Bhd, dan SP Setia Sdn Bhd. Mereka bersepakat mengembangkan proyek properti seluas 500 ha di Maja senilai Rp11,2 triliun. Untuk menggarap proyek tersebut mereka akan membentuk perusahaan patungan. Dalam keterangan resmi yang dipublikasikan Sime Darby masing-masing pengembang Malaysia itu akan memegang saham 20 persen, 40 persen dikuasai Hanson.

Aliansi bisnis ini akan mempercepat terwujudnya Kota Baru Maja  yang pembangunannya didorong pemerintah untuk mempercepat penyediaan rumah murah. Pengembangan kawasan Maja sudah digagas sejak era orde baru dengan nama Kota Kekerabatan Maja.  Proyek tersebut gagal direalisasir karena minimnya dukungan infrastruktur.  Sekarang proyek tersebut dihidupkan lagi dengan nama Kota Kekerabatan Maja.  Hanson menjadi pilar keberhasilan pembangunan Maja karena kepemilikan lahannya yang sangat luas.

Agar tidak mengulangi kegagalan sebelumnya pemerintah melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan membangun infrastruktur jalan sepanjang 55 km dari Tangerang Selatan – Parung Panjang – Maja. Selain itu Maja – Jakarta sudah dilayani kereta komuter dengan jalur rel ganda. Kota Baru Maja juga diperluas hingga Parung Panjang dari 10.000 ha menjadi 18.200 ha. Perluasan ini menjadikan Millenium Village yang dikembangkan Hanson dengan Pelican Group menjadi bagian dari Kota Baru Maja.

Selain yang disebut di atas ada beberapa pengembang lain yang punya lahan luas di Maja. Sebagian sudah dipasarkan antara lain Majapolitan (PT Mandiri Nusa Graha Perkasa/546 ha) dan Permata Mutiara Maja (PT Bukit Nusa Indah Perkasa/200 ha). Di luar itu ada Perum Perumnas, Intiland Development (1.000 ha), dan beberapa lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments