Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedHadapi Mudik Beberapa Ruas Tol Dioperasikan Secara Darurat - Housing-Estate.com - Portal...

Hadapi Mudik Beberapa Ruas Tol Dioperasikan Secara Darurat – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini pemerintah akan mengoperasikan beberapa ruas jalan tol yang sebenarnya belum selesai. Beberapa ruas di antaranya bagian dari tol trans Jawa yang skedul penyelesaiannya baru tahun 2018.  Ruas tol tersebut antara lain Bawen-Salatiga. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpuera) Basuki Hadimuljono, pengoperasian jalan tol ini diharapkan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan non tol hingga 40 persen.

Tol-Bawen-Salatiga

“Jalan tol trans Jawa yang sudah beroperasi baru sekitar 40 persen, sisanya masih under construction. Tapi ini kita upayakan supaya tetap bisa fungsional sebagai jalur mudik tahun ini untuk mengurangi kepadatan di jalur non tol,” ujarnya kepada media di Jakarta, Senin (27/6).

Di koridor selatan Pulau Jawa ada beberapa ruas jalan tol yang tengah diselesaikan. Misalnya ruas Cileunyi-Tasikmalaya-Yogyakarta. Pada saat bersamaan pemerintah juga  melakukan peningkatan mutu jalur non tol.  Basuki menyebutkan lambannya progres pembangunan jalan tol ini karena terkendala pembebasan lahan. Ruas Ngawi-Kertosono sampai sekarang pembebasan lahannya juga belum selesai. Ada lahan yang milik Perhutani yang belum dilepaskan.

Karena terbatasnya dana APBN pembangunan sejumlah ruas tol menggunakan dana talangan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Untuk pembangunan jalan tol trans Jawa hingga saat ini sudah terbayar Rp450 miliar. Pembebasan lahannya menggunakan dana talangan. “Kami terus upayakan untuk peningkatan arus mudik tahun ini, dari sarana jalannya, manajemen pengaturan jalan dengan Kementerian Perhubungan dan Polri, juga dibutuhkan kesadaran masyarakat selaku pengguna jalan supaya mudik tahun ini bisa lebih lancar,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments