Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedGubernur BI: Tax Amnesty Gairahkan Properti - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Gubernur BI: Tax Amnesty Gairahkan Properti – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kebijakan tax amnesty (pengampunan pajak) diramalkan akan berdampak positif terhadap sektor properti. Pengaruh positif tersebut tidak secara langsung melainkan melalui instrumen-instrumen investasi yang terkait dengan properti. Salah satu contohnya melalui instrument dana investasi real estat (DIRE) yang pajaknya oleh pemerintah sudah dipangkas dari 5 persen menjadi 0,5 persen.

Agus Martowardojo

Agus Martowardojo

“Dengan pengampunan pajak (tax amnesty) instrumen DIRE  tahun depan akan mendapatkan momentum.  Sekarang para investor masih fokus pada tax amnesty makanya ini (DIRE) harus dimulai sejak sekarang,” ujar Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Kamis (21/7).

Agus menyatakan DIRE  juga cocok untuk investor kecil. Pola penghitungannya akan menjadi lebih jelas dan menguntungkan dengan penetapan pajak lebih rendah. Sekarang tidak ada lagi taksasi ganda menyangkut PPh dan BPHTB. Setelah dipangkas total pajak yang tadinya 10 persen menjadi hanya 1,5 persen. Ini jadi nilai lebih karena di Singapura total pajaknya mencapai 3 persen.

Ini yang menjadi dasar Agus menyatakan instrumen DIRE cocok dan menguntungkan investor kecil. Kendati baru diberlakukan tax amnesty sudah membuat pasar menjadi lebih bergairah dan uang masuk semakin deras. Hingga akhir pekan lalu dana yang masuk dari luar negeri sudah Rp108 triliun. Pada periode yang sama tahun lalu dana yang masuk hanya Rp55 triliun.

“Dengan tax amnesty dan instrumen DIRE yang lebih menarik kami yakin pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa mencapai 5,6 persen. Bahkan pertumbuhan yang dicapai bisa lebih tinggi lagi bila dana repatriasi dari tax amnesty ini dimaksimalkan untuk sektor riil seperti infrastruktur atau properti,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments