Monday, June 24, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedFleksibilitas Rumah Urban - Halaman 2 dari 3 - Housing-Estate.com - Portal...

Fleksibilitas Rumah Urban – Halaman 2 dari 3 – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Sharifi–ha House

Arsitek: NextOffice Lokasi: Iran

Housing-Estate.Com

Housing-Estate.com, Jakarta – Ketidakpastian dan fleksibilitas menjadi inti konsep desain proyek ini. Seperti kebanyakan plot rumah urban, lahannya memiliki lebar muka yang sempit dibandingkan panjangnya. Sebagai konsekuensinya, transformasi fasad dua dimensi menjadi tiga dimensi sangat diperlukan.

Volume bangunan dirancang fleksibel mengacu pada tradisi rumah di Iran yang secara dinamis menyediakan mode musiman. Setiap tempat tinggal ada Zemestan-Neshin (ruang keluarga musim dingin) dan Taabestan-Neshin (ruang keluarga di musim panas).

Rumah dirancang dengan boks-boks yang bisa berputar pada fasad. Boks bisa dipindah atau diubah menuju volume bangunan yang terbuka atau tertutup tergantung perubahan musim dan skenario fungsi yang diinginkan. Teknik manufaktur untuk memutar boks berasal dari Jerman, dengan kalkulasi beban, kontrol dari deformasi struktural saat mendesain, dipertimbangkan matang.

Dalam proyek ini, saat musim panas fasad ditampilkan terbuka, transparan dengan teras yang besar dan lebar. Sebaliknya, ketika musim dingin dan bersalju di Teheran, bangunan ditutup untuk meminimalkan bukaan dan menghilangkan teras. Konsep buka-tutup itu mengakibatkan transformasi ruang yang menarik. Setiap ruang ada kemungkinan memiliki skenario pencahayaan atau musim yang diinginkan penghuni. Ketika boks tertutup, bangunan menangkap cahaya matahari melalui ruang dari pusat void yang terkoneksi dengan dua volume fix oleh jembatan.

Rumah terdiri dari tujuh lantai, dua lantai basement dialokasikan untuk fasilitas fitness dan area santai keluarga, sementara lantai dasar yang sejajar jalan untuk parkir dan ruang servis. Aktivitas publik terjadi di lantai satu dan dua, kehidupan privat keluarga di lantai tiga dan empat.

Next: Moor House

Laman: 1 2 3

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments