Friday, July 12, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedEcocarat Keramik Dinding Penyerap Polusi dan Kelembaban - Housing-Estate.com - Portal Berita...

Ecocarat Keramik Dinding Penyerap Polusi dan Kelembaban – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Interior rumah atau gedung sangat rentan terpapar polusi zat-zat kimia yang menguap ke udara dari residu cat dinding dan furnitur, cairan pembersih, sabun, dan lain-lain. Apalagi kini bangunan lebih sering tertutup sehingga aliran udara di dalamnya kurang maksimal. Ecocarat, produk keramik dari Lixil Group (Jepang), mencoba memberikan solusi terhadap persoalan itu. Ecocarat adalah keramik yang dibuat khusus untuk dinding interior dengan tampilan natural mirip batuan alami. Bahan bakunya dari daur ulang abu vulkanik yang mengandung mineral Allophone. Tidak seperti keramik biasa dari tanah liat, kandungan mineralnya membuat keramik memiliki pori-pori mikro yang berfungsi menyerap polusi dan bakteri di udara, mengurangi bau tajam, sekaligus mengontrol kelembaban.

Info Bahan Bangunan_Ecocarat_0363361

Keramik ini juga diklaim mampu mengurangi VOC (volatile organics compounds), zat kimia berbahaya yang mudah menguap (seperti dari cat), serta bisa mengurangi bau toilet, rokok, sampah, dan hewan peliharaan yang ada di dalam rumah. Jika kelembaban ruangan tinggi, keramik akan menyerap kelebihannya. Sebaliknya kalau kondisi udara kering, keramik akan melepaskan kelembaban (moisture). Karena keunggulannya itu, Ecocarat cocok untuk area dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi atau walk in closet, namun tidak disarankan untuk area basah seperti ruang shower atau bathtub di kamar mandi.

Keramik Ecocarat juga bisa diaplikasikan sebagai aksen dinding di ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur. Perawatan permukaan keramik yang berpori dan bertekstur ini disarankan hanya dengan dilap dengan lap kering tanpa air. Corak dan bentuk produk beragam, tampilannya serupa susunan batu alam. Ukuran per keping standar 30,2 x 30,2 namun ada juga tipe relief berukuran 30,3 x 15,1 cm. Ecocarat dijual per set (meter persegi) seharga Rp300–500 ribu di gerai-gerai American Standard (Lixil Group).

 

Baca selengkapnya di Majalah HousingEstate Edisi Juni 2015, dapatkan di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments