Tuesday, April 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedDKI Anggarkan Rp2 Triliun Untuk RTH - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

DKI Anggarkan Rp2 Triliun Untuk RTH – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menganggarkan hingga Rp2 triliun per tahun untuk pembelian lahan guna dijadikan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta. Ini untuk mendorong luasan RTH Jakarta yang saat ini hanya 9 persen menjadi 30 persen sebagaimana aturan setiap daerah minimal memiliki 30 persen ruang terbuka dari luas kawasannya.

Taman Ayodya

Taman Ayodya Jakarta | via : fotografer.net

“Kami terus membeli lahan untuk dibangun taman dan RTH selain ruang terbuka biru (RTB) berupa waduk ataupun embung. Untuk membebaskan lahan di Jakarta memang banyak kendalanya, kita banyak digugat, tapi pengalaman selama ini bikin kita makin pintar sehingga rencana pembelian lahan tahun ini harusnya bisa lebih sukses,” ujarnya di Balaikota, Rabu (6/1).

Lambatnya penambahan lahan RTH selama ini karena mudahnya masyarakat menyomasi Pemprov. Akibatnya lahan yang dalam proses pembelian langsung dihentikan. Tahun ini Basuki mengintsruksikan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI mencari lahan sebanyak-banyaknya hingga mencapai dua kali lipat dari anggaran. Dengan cara seperti itu bila ada somasi dari masyarakat terkait lahan yang hendak dibeli Pemprov bisa langsung mengalihkan ke lahan lainnya.

”Anggaran kita Rp2 triliun, saya suruh cari lahan sampai senilai Rp4 triliun, jadi kalau gagal bisa pindah, kalau sukses semua tinggal kita ajukan di APBD Perubahan. Malah bagus kita jadi punya lahan banyak,” imbuhnya.

Tahun 2015 Pemprov DKI cukup banyak membuat RTH yang dikonsep sebagai Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) dan tahun ini ditargetkan akan dibangun sebanyak 150 RPTRA, selain waduk dan embung. Konsepnya, Jakarta harus banyak memiliki RPTRA, daerah resapan, danau, hamparan rumput, dan sebagainya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments