Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedDKI Akan Manfaatkan Lahan Sengketa

DKI Akan Manfaatkan Lahan Sengketa

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta akan memanfaatkan lahan-lahan yang belum jelas status kepemilikannya maupun yang tengah bersengketa. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah, setiap walikota diminta untuk mencari dan mendata lahan berstatus sengketa untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan di lokasi sekitarnya.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Nanti setiap walikota akan berkoordinasi dengan Biro Hukum dan akan diterbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur mengenai penggunaan aset. Nantinya bisa digunakan untuk tempat parkir, jualan usaha mikro kecil menengah (UMKM), atau apapun bisa. Kalau sudah ada keputusan incraht baru lahan itu dikembalikan ke pemilik yang sah,” ujarnya di Balaikota, akhir pekan lalu.

Beberapa lahan sengketa yang akan segera dimanfaatkan adalah Taman Bersih Manusiawi dan Wibawa (BMW) di Jakarta Utara, lahan di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, dan beberapa lainnya. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama  (Ahok) juga telah menyetujui untuk menerbitkan SK pemanfaatan lahan sengketa untuk digunakan kebutuhan warga sehingga lebih produktif.

Beberapa lahan lainnya yang akan dimanfaatkan adalah lahan sengketa di depan Ratu Plaza yang akan dijadikan tempat park and ride. Kemudian lahan yang di depan Hotel Sari Pan Pacific juga akan dimanfaatkan untuk parkir dan berjualan pedagang kaki lima (PKL). Bukan hanya lahan sengketa, lahan milik instansi pemerintah yang terbengkalai juga akan dimanfaatkan.

“Jadi saya juga sudah instruksikan ke seluruh walikota, nggak usah ragu data lahan sengketa nanti saya terbitkan SK pemanfaatannya. Begitu ada keputusan incraht kita tinggalin itu  lahan dan ini juga nantinya akan menguntungkan pemilik lahan. Kalau lahannya kita tanami, nanti pemilik lahan dapat tanamannya. Untuk kita juga jadi lebih mudah dan murah karena nggak perlu keluar anggaran untuk pengadaan lahan,” pungkas Ahok.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments